DAMPAK SARANA PRASARANA OLAHRAGA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PJOK PADA SMA NEGERI 1 GLUMPANG TIGA

Muhammad Daffa, Jafaruddin Jafaruddin, Indah Lestari

Abstrak


Penelitian ini berjudul “Dampak Sarana Prasarana Olahraga terhadap Kualitas Pembelajaran PJOK pada SMA Negeri 1 Glumpang Tiga.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sarana dan prasarana olahraga, kualitas pembelajaran PJOK, serta dampak sarana dan prasarana olahraga terhadap kualitas pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Glumpang Tiga tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Glumpang Tiga yang berjumlah 284 siswa, dan sampel sebanyak 74 siswa diambil menggunakan teknik random sampling dengan rumus Slovin. Instrumen pengumpulan data berupa angket tertutup berjumlah 20 butir pernyataan yang mencakup indikator ketersediaan, kondisi, pemanfaatan, serta dampak sarana dan prasarana olahraga terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan persentase, nilai rata-rata (mean), standar deviasi, dan kategori berdasarkan Penilaian Acuan Norma (PAN). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menilai pengaruh sarana dan prasarana terhadap kualitas pembelajaran PJOK dalam kategori cukup (33,78%), diikuti oleh kategori tinggi (27,03%) dan rendah (25,68%). Sementara itu, 6,76% siswa menilai pengaruhnya sangat tinggi, dan 6,76% lainnya menilai sangat rendah. Temuan ini mengindikasikan bahwa keberadaan sarana dan prasarana olahraga di sekolah memiliki dampak positif, namun belum merata dirasakan oleh seluruh siswa. Oleh karena itu, diperlukan perhatian lebih dalam peningkatan, perawatan, dan pemerataan penggunaan fasilitas olahraga guna mendukung efektivitas pembelajaran PJOK secara menyeluruh.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aeni, S. N., & Agung. (2022). Wawancara adalah Salah Satu Upaya Mencari Informasi, Ini Penjelasannya. Katadata.Co.Id.

Anandari, A. R. F., Melwan, Y. J., & Gibran, K. M. (2025). Meningkatkan Minat Olahraga Melalui Program Pekan Olahraga Dewa Internal Futsal Turnamen di SMPN 5 Kota Bengkulu. Dharma Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(1), 33-40. https://ejournal.unib.ac.id/dharmapendidikan/article/view/38850

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ascarya Academia. (2022). Triangulasi Data, Contoh, Penjelasan Dan Prakteknya Pada Riset. Ascarya Soulution, 1.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2025). Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Badminton World Federation. (2025). Laws of Badminton. https://worldbadminton.com/rules/

Fai. (2022). Metode Penelitian Kualitatif adalah. umsu.ac.id

Isti, A. (2022). Observasi adalah Pengamatan Suatu Objek Penelitian, Ketahui Tujuan dan Manfaatnya. Retrieved from https://www.merdeka.com/jateng/observasi-adalah-pengamatan-suatu-objek-penelitian-ketahui-tujuan-dan-manfaatnya-kln.html

Machmud, M. (2016). Tuntunan Penulisan TUGAS AKHIR Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Nucleic Acids Research, 1–266.

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif”). Yogyakarta Press (pp. 1–158). Retrieved from http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx

Nababan, D., Manik, S. M. G., & Siahaan, R. (2023). STRATEGI PROJECT BASED LEARNING (PjBL). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 557–566. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/161

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Nurkusuma, T. W., & Hartati, S. C. Y. (2017). Penerapan permainan kecil terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas v Sdn Babatan 5 Kecamatan Wiyung Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(1), 110–116. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/19998

Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400

Paul, O. (2022). Dokumentasi Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya. Retrieved from https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/dokumentasi-adalah-pengertian-fungsi-dan-jenisnya/

Perdana, A. D. P., Vai, A., Rahmatullah, M. I., & Af, O. F. (2025). Model permainan bulu tangkis berbasis fun games untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di SDN 004 Muaro Sentajo. Journal of Citizen Research and Development, 2(1), 429-435. https://www.researchgate.net/publication/389489412

Sugiyono. (2017). Dokumentasi Adalah: Jenis, Kegiatan, Fungsi, Tujuan, Peran. Dosen.co.id.

Welianto, A. (2020). Sejarah Bulu Tangkis. Kompas.com Retrieved from https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/25/120000969/sejarah-bulu-tangkis?page=all

Widyatna, E. (2023). Analisis Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Praktik Baik Kurikulum Merdeka. National Conference for Ummah, 01(01), 359–364.

Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2191–2207. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2463

Zakky, (2020). Pengertian Observasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum.

Www.Zonareferensi.Com, 1–14. Retrieved from

https://www.zonareferensi.com/pengertian-observasi/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi

  • Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
  • Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh 
  • Phone: +62 823-6755-9193
  • Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com