EVALUASI KEMAMPUAN LEMPAR LEMBING PADA SISWA SMA NEGERI 1 MUARA TIGA

Muhammad Syawal, Muhammad Muhammad, Indah Lestari

Abstrak


Penelitian ini berjudul: Analisis Keterampilan Lempar Lembing di Kalangan Siswa SMA Negeri 1 Muara Tiga. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Sejauh mana kemampuan lempar lembing siswa di SMA Negeri 1 Muara Tiga Kabupaten Pidie?(2) Apa saja faktor yang berpengaruh terhadap kemampuan lempar lembing siswa di sekolah tersebut?(3) Apa rekomendasi yang dapat diberikan untuk meningkatkan kemampuan lempar lembing berdasarkan hasil analisis?.                          Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keterampilan siswa dalam lempar lembing, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya, serta memberikan saran untuk memperbaiki hasil pembelajaran dalam lempar lembing.Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei.                           Pengumpulan data dilakukan melalui ujian keterampilan teknik lempar lembing yang terdiri dari tiga aspek utama yaitu awalan, teknik lempar, dan akhiran, serta pengukuran jarak lempar.Populasi yang diteliti adalah seluruh siswa di SMA Negeri 1 Muara Tiga, dengan sampel sebanyak 20 siswa laki-laki dari kelas XI yang dipilih secara acak.                      Teknik analisis data mencakup perhitungan rata-rata, standar deviasi, dan persentase kategori kemampuan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan lempar lembing siswa mencapai 15,41 meter dengan standar deviasi 4,19.                                Klasifikasi kemampuan siswa juga menunjukkan bahwa 10% berada di kategori “baik”, 15% “sedang”, 40% “kurang”, dan 35% “sangat kurang”. Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap rendahnya kemampuan siswa adalah minimnya sarana prasarana serta kurangnya pembinaan tentang teknik dasar lempar lembing.                          Sebagai tindak lanjut dari hasil evaluasi, direkomendasikan perlunya peningkatan kualitas fasilitas latihan dan program pembinaan teknik serta fisik siswa secara terencana untuk mendukung pencapaian yang lebih baik dalam pembelajaran atletik, khususnya lempar lembing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aziz, A., et al. (2018). Evaluasi sebagai Proses Menentukan Sejauh Mana Tujuan Tercapai. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 638.

Bompa, T.O., & Buzzichelli, C.A. (2019). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Eddy Purnomo dan Dapan. (2012). Dasar Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Alfamedia.

Harsono. (2015). Coaching dan Aspek-aspek Psikologi dalam Coaching. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mappiasse, S. S., & Sihes, A. J. (2014). Evaluation of English as a Foreign Language and Its Curriculum in Indonesia: A Review. English Language Teaching, 7(10), 113–122. https://doi.org/10.5539/elt.v7n10p113

Mitchel, R. (2016). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. Boston: Pearson.

Mochamad, Djumidar A.Widya. (2004). Belajar Berlatih Gerak Gerak Dasar Dasar Atletik Dalam Bermain. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Morrow, J. R., Jackson, A. W., Disch, J. G., & Mood, D. P. (2011). Measurement and Evaluation in Human Performance (4th ed.). Human Kinetics.

Mulyana, D. (2018). Dasar-dasar Atletik. Bandung: Alfabeta.

Mulyana. (2018). Pembelajaran Atletik di Sekolah. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurhasan. (2003). Dasar-dasar Atletik. Bandung: FPOK UPI.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Purwanto, N. (2017). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robbins, S. P. (2007). Perilaku Organisasi (Edisi ke-10). Jakarta: Indeks.

Robbins, S. P. (2007). Perilaku Organisasi (Organizational Behavior). Jakarta: Salemba Empat.

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sajoto, M. (2010). Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukadiyanto. (2015). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

Wirawan. (2012). Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.

Worthen, B. R., & Sanders, J. R. (2016). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines (4th ed.). Boston: Pearson Education.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi

  • Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
  • Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh 
  • Phone: +62 823-6755-9193
  • Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com