EFEKTITAS PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN BOLAVOLI DI SMA NEGERI 1 MUTIARA TAHUN 2024/2025

Ikram Fadillah, Muhammad Muhammad, Amirzan Amirzan

Abstrak


Penelitian ini berjudul “Efektitas pembelajaran berbasis audio visual dalam meningkatkan kemampuan bermain bolavoli di SMA Negeri 1 Mutiara Tahun 2024/2025”. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 20 siswa/i dengan kemampuan heterogen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 sisklus dengan menggunakan tehnik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis audio visual dapat meningkatkan kemmpuan bermain bolavoli siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mutiara, hal tersebut berdasarkan perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu   6 8, 5 dengan ketuntusan siswa sebanyak 11 orang atau 55% dari keseluruhan siswa. Pada siklus II perolehan nilai rata-rata siswa menjadi 79,25 dengan ketuntasan siswa sebanyak 19 orang siswa atau 95 % dari keseluruhan siswa.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifatu Rohmawati, “Efektivitas Pembelajaran”, Jurnal Pendidikan Usia Dini 9, no. 1 (2015).

Ahmad Sudijono,2009 Pengantar Evaluasi Pendidikan, ed 1, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ariyanto, 2016 V, Pengaruh Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa, (UNPAS Bandung: e- Journal, Ariyanto, V, Pengaruh Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa, e-journal pendidikan fakultas UNPAS Bandung,( di akses 22 maret 2025)

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad,A, 2013 Media Pembelajaran Edisis ke -16 Jakarta:Rajawali Pres.

Dimyati dan Mudjiono, 2013 Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djama’an Satori dan Aan Komariah, 2010 Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta.

Gabriela,Novika Dian Pancasari. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 2 No 1.

H Sujono AR. 2022. Mengembangkan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial. Volume 20 No 1.

Hamdani, 2009 Strategi belajar mengajar, Bandung: Pustaka Setia.

Hasibuan, R. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Hibrul Ulama, 4(1), 60–65.

Heinich Robert, 2006 Media Pembelajaran Indiana University.

Herawati Susilo, 2009 Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru, cetakan. 2, Malang: Bayumedia Publlishing.

Hosnan, M. 2014 Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia.

Husaini Usman, Purnomo Setiady Akbar, 2010 Metode Penelitian Sosial, Edisi Kedua, Jakarta: Bumi Aksara.

Ichsan, J. R., Suraji, M. A. P., Muslim, F. A. R., Miftadiro, W. A., & Agustin, N. A. F. (2021). Media Audio Visual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III (Snhrp-III 2021), 183–188.

Ikhsan, M., & Humaisi, M. S. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran audio visual dalam mengembangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia (JIIPSI), 1(1), 1-12.

Kusnandar, 2008 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelassebagai Perkembangan Profesi Guru, Jakarta: Rajawali press.

Muhibbin Syah, 2005 Psikologi Pendidikan, Bandung: Logos Wacana Ilmu.

Mulyadi, Febry Fahreza dan Rendi Julianda. 2018. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran Ips Siswa Kelas V SDN Langung. Jurnal Visipena. Volume 9 No 1.

Nana Sudjana, 2019 penilaian dan Hasil proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nana Syaudih Sukma Dinata, 2019 Metode Penelitian Tindakan, Bandung: Rosdakarya.

Newby, T. J. et al, 2022 Educational Technology For Teaching and Learning, Upper Saddle River, NJ: Person Merrill Prentice Hall. diakses dengan http://books.google.co.id

Putrihapsari, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Manajemen Pengasuhan Anak Usia Dini pada Ibu yang Bekerja : Sebuah Studi Literatur. VISI : Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(2), 127–136. https://doi.org/. https://doi.org/http://doi.org/10.21009/ JIV.1502.4 DOI:

Salimun, 2011 Pendidikan Jasmani, Jakarta: Alfabeta.

Sidi, Jatmiko dan Mukminan. 2016. Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS di SMP. Jurnal Ilmu – Ilmu Sosial. Volume 15 No 1

Sudjana, 2009 Metode Statistika, Bandung: Tarsito.

Sugiono, 2012 Penilaian Hasil Analisis Data Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto,2009 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik PT Rineka Cipta:Jakarta.

Sumarno. (2020). Langkah-langkah Media Audio Visual. Bandung: Alfabeta.

Zahroh dan Rofiqoh Firdausi. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah. Volume 4


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi

  • Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
  • Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh 
  • Phone: +62 823-6755-9193
  • Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com