EFEK MACAM MEDIA TANAM DAN DOSIS RACIKAN LARUTAN NUTRISI BUATAN PADA BUDIDAYA SAWI SECARA HIDROPONIK

Bukhari Bukhari, Jamilah Jamilah, Murbaidah Murbaidah

Abstrak

Sawi merupakan salah satu sayuran yang sangat disukai oleh masyaraakat Indosia umumnya karena rasanya yang enak dan kandungan gizi yang tinggi,  oleh karena itu penanaman tanaman ini diprediksikan menjadi salah satu peluang agrobisnis dan agroindustri yang sangat menjanjikan, sehingga diperlukan penelitian memadai demi pengembangan komoditi sayuran ini.   Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui pengaruh penggunaan ragam media tanam dan takaran nutrisi buatan serta interaksinya terhadap pertumbuhan tanaman sawi secara hidroponik sistem wick.  Data dianalisis  menggunakan rancangan Acak Lengkap  faktorial, terdapat dua faktor yang diteliti yakni : macam media tanam (M) yang terdiri dari tiga taraf yaitu : M1= arang sekam, M2 = cocopead dan M3 = rockwool dan  dosis larutan nutrisi buatan (C) juga  tiga taraf yaitu : C1 =  1250 ppm, C2 =  1350 ppm dan  C3 =  1450 ppm dengan parameter yang diamati meliputi: Tinggi tanaman, jumlah daun, berat berangkasan basah dan pH awal serta pH akhir larutan. Hasil penelitian ternyata media tanam nyata mempengaruhi tinggi tanaman  dan bobot  berangkasan basah  sawi, tetapi tidak nyata mempengaruhi jumlah daun, pH awal air dan pH akhir air.  Dosis larutan nutrisi buatan nyata tidak mempengaruhi  semua peubah pertumbuhan, hasil sawi serta pH awal dan akhir larutan yang diamati, namun secara visual terlihat peningkatan dosis cenderung memperlihatkan pertumbuhan dan hasil yang cenderung semakin menurun, interaksi kedua faktor juga tidak nyata mempengaruhi semua peubah tumbuhan, hasil dan pH awal dan akhir larutan yang diamati.  Namun jika ditilik secara visual media cocopeat dan dosis 1350 ppm larutan nutrisi buatan merupakan perlakuan yang disarankan pada  budidaya hidroponik sistim wick untuk usaha tani tanamam sawi.

Kata Kunci: Dosis, Hidroponik, Nutrisi buatan, Media, Pertumbuhan dan Sawi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Astuti, RR dan Yana Y.M. 2019. Pengaruh Media tanam dan nutrisi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada kepala renyah (lactuca sativa var. Capitata) secara hidroponik, jurnal konservasi hayati, Fakultas MIPA Universitas Bengkulu.

Badan Pusat Statistik, Produksi Tanaman Sayuran 2019, https://www.bps.go.id/indicator/55/61/1/produksi-tanaman-sayuran.html

Bahzar, M. H dan Mudji, S. 2018. Pengaruh Nutrisi dan Media Tanam terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) dengan Sistem Hidroponik Sumbu. Jurnal Produksi Tanaman. Vol 6. No 7. ISSN 2527-845.

Balia. P. Tripatmasari, m. Dan Wasonowati, C 2017. Pengaruh Media Tanam dan Nutrisi.http://download.portalgaruda.org. Diakses pada tanggal 3 Desember 2019.

Fakhruzzaini, M., & Aprilianto, H. (2017). Sistem Otomatisasi Pengontrolan Volume Dan PH Air Pada Hidroponik. Jutisi, 6, 1335–1344.

Ibadarrohman, Salahuddin, N. S., & Kowanda, A. (2018). Sistem Kontrol dan Monitoring Hidroponik berbasis Android. STMIK ATMA LUHUR Pangkalpinang, 8–9.

Karsono, Sudibyo dkk. 2018. Hidroponik Skala Rumah Tangga. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

Laksono, R.A., dan D. Sugiono. 2017. Karakteristik agronomis tanaman kailan (Brassica oleraceae L. var. acephala DC.) kultivar Full White 921 akibat jenis media tanam organik dan nilai EC (Electrical Conductivity) pada hidroponik sistemwick . J . Agroetek Indonesia 2 (1): 25 – 33.

.

Mas’ud, H. 2009. Sistem Hidroponik dengan Nutrisi dan Media Tanam Berbeda terhadap Pertumbuhan dan Hasil selada. J. Media Litbang Sulteng 2(2) : 131-136.

Perwtasari, B., M. Triptmasari., dan Catur, W. 2012. Pengaruh media tanam dan nutrisi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pokchoi (Brissca juncea L.) dengan sistem hidroponik. Agrovigor. Nol. 1 No. 5

Qolik, A. 2019. Buku Pintar Bertanam Bayam dan Sawi, Desa Pustaka, Indonesia, Temanggung.

Rajak, O., J.R., Patty., dan J. I., Nendissa. 2016. Pengaruh Dosis dan Interval Waktu Pupuk Organik Cair BMW terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi ( brassica juncea L.). budidaya pertanian, 12(2):66-73.

Sumanhudi dan D. Harjoko, 2016. Pengaturan Komposisi Nutrisi dan Media Alam Budidaya Tanaman Selada Dengan Sitem Hidroponik, UNS, Surakarta.

Tana.2019. Pengaruh pH Larutan Nutrisi Pada Tanaman Hidroponik. Htto://www. Istana tanaman.com/pengaruh-nilai-pH-pada-tanaman-hidroponik/. Diakses 28 Desember 2019.

Tresya, D.M. 2013. Pengaruh Pemberian Pupuk KCL Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.). Institusi Pertanian Bogor.

Wahyuningsih, A. 2016. Komposisi nutrisisi dan media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy (brassica rapa L) sistem hidroponik. Jurnal produksi tanaman Falkultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang.