PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATERI BANGUNRUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 TONDANO

Nirma Potabuga, Nicky K. Tumalun, Jorry F. Monoarfa

Abstrak

Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah peneliti lakukan dikelas VIII SMP Negeri 6 Tondano, ditemukan beberapa kelemahan diantaranya adalah hasil belajar bangun ruang sisi datar yang dicapai siswa masih rendah. Fakta ini terlihat dari nilai ulangan harian pada bulan Januari 2021 yang menunjukan presentase kelulusan hanya 60%, sedangkan 40% masih di bawah KKM 76 yang ditentukan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan software geogebra pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 6 Tondano. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tondano  pada semester genap tahun ajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri 4 kelas. Sampel Penelitian dilakukan pada 2 kelas yaitu Kelas VIII A dan VIII B dengan jumlah masing-masing 19 siswa, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol.  Data hasil belajar siswa dari kedua model pembelajaran diperoleh dari pretest dan posstest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji perbedaan dua rerata(uji-t) pada taraf nyata 0,05 diperoleh  thitung= thitung= 3,55 dan ttabel = 2,10 dengan H0 ditolakdan H1 diterima, sehingga menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan software geogebra pada materi bangun ruang sisi datar lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model konvensional. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan software geogebra pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 6 Tondano.

Kata Kunci: Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Datar, Model Pembelajaran Problem Based Learning , Software Geogebra.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

A.M, Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Anni, (2004). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Islam Cendekia.

Darsono, Max. Dkk. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang.

Emzir. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.

Erman S Ar. (2008). Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa Educare, (Jakarta: PT. Jaya Pendidikan.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Junaedah Misbah. (2003). Pendidikan Islam Dalam Perfektif Teori dan Praktek, (Jakarta : PT Al MawardiPrima.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mufarizuddin. (2018). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 012 Bangkinang Kota. Journal on Education, 1(1), 40–47.

Nana Sudjana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung.

Rusman. (2011). Mode-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata,Sumadi. (2006). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Winarno, Bayu. (2012) Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok Yogyakarta. [Skripsi].Yogyakarta : Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.