ANALISIS PENGETAHUAN SANTRIWATI TERHADAP KEJADIAN SCABIES DI PONDOK PESANTREN TUNGKOP KECAMATAN INDRAJAYA KABUPATEN PIDIE

Lisa Rahmi, Muhammad Iqbal

Abstrak

Sanitasi lingkungan yang buruk merupakan faktor dominan penyakit scabies diantara santri di Pondok Pesantren. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengetahuan santriwati terhadap kejadian scabies di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jumlah informan 15 orang. Hasil penelitian didapatkan bahwa santriwati menjawab pertanyaan sesuai dengan kondisi yang umum terjadi serta kebiasaan yang mereka lakukan setiap hari dipondok pesantren. Santriwati sudah mempunyai pengetahuan yang baik tentang penyakit scabies seperti gejala, cara mencegah penyakit, faktor penyebab penyakit dan cara penularan penyakit scabies. Sehingga santriwati dapat melakukan pencegahan penyakit scabies dan melakukan pengobatan awal terhadap penyakit. Diharapkan prevalensi scabies di pondok pesantren dapat diminimalisir. Kesimpulan penelitian ini menambah pengetahuan tentang scabies terutama dalam meningkatkan personal hygiene untuk menekan angka kejadian scabies di pondok pesantren.


Kata kunci: Pengetahuan, Scabies, Pesantren

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arifuddin, A., Kurniawan, H., & Fitriani, F. (2016). Faktor Risiko Kejadian

Scabies Di Rumah Sakit Umum Anutapura Palu (Risk Factors Scabies At General Hospital Anutapura Palu). Medika Tadulako: Jurnal Ilmiah Kedokteran Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, 3(3), 40-59.

Basra, M. K. (2014). Quality Of Life Issues In Children And Adolescents With Dermatological Conditions And Their Wider Impact On The Family And Society. Journal Of Alternative Medicine Research, 6(2), 159.

Dinkes. (2017). Profil Kesehatan Aceh. From Www.Dinkes.Acehprov.Go.Id profil

Mading, M., & Bule Sopi, I. I. (2019). Kajian Aspek Epidemiologi Skabies Pada Manusia.

Muizzulatif, M., & Angraini, D. I. (2021). Penatalaksanaan Holistik Pasien

Skabies Pada Anak Dengan Hygiene Kurang Baik Di Puskesmas Hanura Melalui Pendekatan Kedokteran Keluarga. Majority, 10(2).

Mutiara, H., & Syailindra, F. (2016). Skabies. Jurnal Majority, 5(2), 37-42.

Naftassa, Z., & Putri, T. R. (2018). Hubungan Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Terhadap Kejadian Skabies Pada Santri Pondok Pesantren Qotrun Nada Kota Depok. Biomedika, 10(2), 115-119.

Nurdin, A., Safitri, E., & Idami, Z. (2019). Gambaran Pengetahuan Santri

Tentang Penyakit Scabies Di Pondok Pesantren Modern Babun Najah Desa Doy Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Paper Presented At The Prosiding Semdi-Unaya (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unaya).

Nurohmah, P. I. (2018). Kondisi Fisik Lingkungan Dan Keberadaan Sarcoptes Scabiei Pada Kuku Warga Binaan Pemasyarakatan Penderita

Skabies Di Blok A Lembaga Pemasyarakatan Klas I Surabaya. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 10(3).

Prayogi, S., & Kurniawan, B. (2016). Pengaruh Personal Hygiene Dalam

Pencegahan Penyakit Skabies. Jurnal Majority, 5(5), 140-143.

Putri, I. P. N., Wibowo, D. A., & Nugraheni, A. (2016). Hubungan Tingkat

Pengetahuan Santri Dengan Perilaku Pencegahan Skabies Di Pondok

Pesantren Darut Taqwa Bulusan Semarang Tahun 2016. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 5(4), 1064-1073.

Ratnasari, A. F., & Sungkar, S. (2014). Prevalensi Skabies Dan Faktor Faktor Yang Berhubungan Di Pesantren X, Jakarta Timur. Ejournal

Kedokteran Indonesia.

Who. (2020). Scabies. From Https://Www.Who.Int/NewsRoom/FactSheets/Detail/Scabies.