PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI STRATEGI DAKWAH DAN PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII.A SMAN 1 DELIMA

Ratnawati Ratnawati

Abstrak

Judul Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Penerapan Model Student Teams Achievement
Division (STAD) Pada Materi Strategi Dakwah Dan Perkembangan Islam Di Indonesia Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII.A SMAN 1 Delima. Tujuan dalam Penelitian ini
adalah Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran type
Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi Strategi Dakwah dan Perkembangan
Islam kelas XII.A SMAN 1 Delima dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan
model pembelajaran type Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian tindakan
kelas terdiri dari tiga siklus dengan langkah-langkahnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Adapun hasil dari penelitian adalah Aktivitas guru dan siswa dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu siklus I, II dan III, yang meliputi empat tahap dalam setiap siklusnya terdapat kemajuan yang signifikan. Guru menerapkan model STAD yang dimulai pada siklus II dan berakhir pada siklus III, siswa mengikuti rangkaian kegiatan keseluruhan siklus dengan semangat. Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran type Student Teams Achievement Division (STAD)
meningkat, khususnya dalam penguasaan konsep materi untuk siswa. Terbukti dengan persentase
ketuntasan belajar siklus I 45%, siklus II 70% dan Siklus III 95 %, hambatan-hambatan dalam
penerapan Model STAD dapat diatasi dengan penentuan materi dan pembatasan materi. Setiap
siklus selalu membawa dampak yang positif ke arah peningkatan penguasaan konsep PAI siswa.

Kata Kunci

Model, STAD, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ahmad, Tantowi, Guruan Islam di Era Transformasi Global, Semarang:

Pustaka Rizqi Putra, 2008.

B. Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2002.

Budimansyah. Belajar Kooperatif Model Penyelidikan Kelompok. Bandung: Jasa Media, 2008.

Darsono, Belajar dan Pembelajaran, Semarang: IKIP Semarang Press,

Departemen Agama RI Dirjen Kelembagaan Agama Islam Jakarta, Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Madrasah Tsanawiyah.

Eggen & Kauchak, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta,