PENINGKATAN PEMBELAJARAN PPkN MATERI PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI MUKA BLANG

Mariana Mariana

Abstrak

Latar belakang permasalahan pembelajaran PKN pada siswa Kelas VI SD Negeri Muka Blang. Guru belum mengaitkan pembelajaran dengan dunia nyata siswa. Hal ini ditunjukkan dari 19 siswa, 14 siswa (74%) mendapat nilai di bawah KKM yaitu <70 dan 5 siswa (26%) di atas KKM. Untuk memperbaiki hal tersebut peneliti menerapkan pendekatan CTL pada pembelajaran PKN. Rumusan masalah penelitian ini bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKN pada siswa Kelas VI SD Negeri Muka Blang?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran PKN pada siswa Kelas VI SD Negeri Muka Blang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan siswa adalah 70,53 atau 53%. Siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 79,74 atau 95%. Kesimpulan, melalui pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI SD Negeri Muka Blang pada pembelajaran PKN. Penerapan model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk mata pelajaran yang lainnya karena CTL membantu siswa mengaitkan pengetahuan dengan dunia nyata.

Kata Kunci: Pembelajaran PPkN, Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Budimansyah, 2010:118. Model-Model PembelajaranMengembangkanPr ofesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Briggs dalam Rifa’i dan Anni 2009:191 Pembelajran PKN Sekolah Dasar. Yogyakarta: Tiara Wacana

Depdiknas:2006 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara.

Ian 2010. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurhadi 2003:11 Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Rusman,011:80 Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rifa’i, 2009:237 Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapanya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sanjaya, 2012:33. MenganalRevisiTaksonomiBloom. http://yunikatminingsih.blogspot.com/2012/10/2-mengenal-evisitaksonomi- bloom-oleh.html. [diunduh tanggal Desember 2015]