PENGGUNAAN PENDEKATAN STEM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI Mipa 7 MATERI HUKUM ARCHIMEDES PADA SMAN 1 SAKTI

Erlinawati Erlinawati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui peningkatan  motivasi dan hasil belajar siswa kelas    materi hukum Archimedes  pelajaran  Fisika  melalui  pendekatan STEM pada SMAN 1 Sakti. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas   tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 32 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif  komparatif dengan  membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Dengan   materi hukum Archimedes tahun pelajaran 2017/2018. Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 71,86% (23 anak), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 28,1% (9 anak), sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak 93,75% (30 anak) dan sebanyak 6,25% (2 anak) belum mencapai ketuntasan belajar. Pada akhir  siklus II diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata kelas 58,59 %, yaitu dari rata- rata tes kondisi awal 3,66 menjadi 3.83.Sedangkan ketuntasan belajar siswa ada peningkatan  sebesar 55,3%, dari kondisi awal yang sudah tuntas hanya 15 siswa menjadi 30 siswa.  Dengan demikian  sebagian besar siswa kelas    SMAN 1 Sakti mengalami peningkatan motivasi dan hasil belajar pada materi hukum Archimedes.

Kata kunci “ Pendekatan STEM, Motivasi,  dan  Hasil Belajar.”

Teks Lengkap:

PDF