UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS ZAT PADAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) DI KELAS XI MIPA-1 SMA NEGERI 1 GLUMPANG TIGA TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Maimunah Maimunah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan belajar siswa kelas XI MIPA-1 pelajaran fisika materi elastisitas zat padat tahun pelajaran 2020/2021 melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan di XI MIPA-1SMA Negeri 1 Glumpang Tiga Kabupaten Pidie, penelitian berlangsung selama tiga bulan yaitu sejak bulan september sampai dengan bulan november tahun 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) (the classroom action research) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Glumpang Tiga kabupaten pidie tahun pelajaran 2020/2021 yakni sebanyak 32 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan pra siklus dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, siklus I dan siklus II. Persentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus I sebesar 68,8% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 71,9 dan meningkat pada siklus II menjadi 90,6% dengan nilai rata-rata kelas 78,6. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktivitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasan belajar yang hanya mencapai 53,1% dan nilai rata-rata adalah 66,6. Dengan demikian, melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar pada materi elastisitas zat padat pada siswa kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Glumpang Tiga kabupaten pidie.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Elastisitas Zat Padat,  Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).

Teks Lengkap:

PDF