MENINGKATKAN KETRAMPILAN ETIKA PERGAULAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI MIPA-1 SMA NEGERI 1 GLUMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Fakhriati Fakhriati

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang peningkatan keterampilan etika pergaulan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI MIPA-1 SMAN 1 Glumpang Tiga. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-1 SMAN 1 Glumpang Tiga Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 29 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sapling dan diperoleh sampel penelitian sejumlah 10 siswa yang memiliki ketrampilan etika bergaul tinggi dan keterampilan etika bergaul rendah. Hal ini bertujuan agar heterogenitas dan homogenitas kelompok terpenuhi, sehingga dinamika kelompok dapat tercipta dan tujuan layanan bimbingan kelompok yaitu untuk meningkatkan ketrampilan etika pergaulan siswa dapat terwujud. Alat Pengumpulan data menggunakan skala perilaku ketrampilan etika pergaulan yang diberikan sebelum (evaluasi awal) dan sesudah pemberian perlakuan (evaluasi akhir). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan etika pergaulan siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kriteria rendah dengan presentase rata-rata sebesar 46.29% dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kriteria sangat tinggi dengan presentase 87.23%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 40,94%. Sedangkan hasil penelitian sesudah dilakukan bimbingan  kelompok rata-ratanya adalah 87,23% termasuk kategori sangat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah ketrampilan etika pergaulan siswa kelas XI MIPA-1  SMAN 1 Glumpang Tiga Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan Konselor di sekolah dapat melaksanakan bimbingan kelompok dengan sebaik- baiknya guna membantu meningkatkan keterampilan etika pergaulan siswa.

 

kata kunci: keterampilan etika pergaulan dan layanan bimbingan kelompok

Teks Lengkap:

PDF