UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA-1 MATERI MENGANALISIS BUKU FIKSI (CERPEN) PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION PADA SMA NEGERI 1 GLUMPANG TIGA

Sarlina Sarlina

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada kelas X MIPA-1 terhadap pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menganalisis Buku Fiksi (Cerpen) melalui model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. Penelitian ini berlangsung selama tiga bulan yaitu sejak bulan Februari sampai dengan bulan April 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA-1 SMAN 1 Glumpang Tiga tahun pelajaran 2019/2020 yaitu 30 siswa. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif komparetif artinya dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang telah dicapai pada setiap siklus, siklus I dan siklus II. Persentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus I sebesar 63,3% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68,9 dan meningkat pada siklus II menjadi 90,% dengan nilai rata-rata kelas 76,7. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktivitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasan belajar yang hanya mencapai 36,7% dan nilai rata-rata adalah 67,9. Dengan demikian, melalui penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Menganalisis Buku Fiksi (Cerpen) pada siswa kelas X MIPA-1 SMAN 1 Glumpang Tiga Kabupaten Pidie.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Menganalisis Buku Fiksi (Cerpen),  Model pembelajaran Group Investigatios (GI)

Teks Lengkap:

PDF