PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI-2 SMK NEGERI 1 SIGLI

Anita Anita

Abstrak

Penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat dapat mengakibatkan rendahnya hasil pembelajaran yang diperoleh siswa. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan salah satu usaha yang dapat ditempuh dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi lingkaran pada siswa kelas XI Akuntansi-2 SMK Negeri 1 Sigli.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas XI Akuntansi-2 SMK Negeri 1 Sigli tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 30 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian diperoleh pada siklus I dengan presentase ketuntasan sebesar 63,3%, nilai rata-rata kelas sebesar 74,5 dan meningkat pada hasil tes siklus II sebesar 90% dengan nilai rata-rata 83,7. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktivitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasan belajar yang hanya mencapai 40% dan nilai rata-rata adalah 64,3. Dengan demikian melalui belajar matematika materi lingkaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi lingkaran pada siswa kelas XI Akuntansi-2 SMK Negeri 1 Sigli.

Kata kunci : Hasil belajar, Model pembelajaran Berbasis Masalah, Lingkaran

Kata Kunci

Hasil belajar, Model pembelajaran Berbasis Masalah, Lingkaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anas, Sudijono. 2005. Pengantar Ealuasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung : Yrama Widya.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bandung : PT. Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2008. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta; Jakarta.

Winkel, WS. 1977. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.