PENERAPAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MATRIKS PADA SISWA KELAS X OTKP-1 SMK NEGERI 1 SIGL

Nasrina Nasrina

Abstrak

 

Penerapan Model Problem Base Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Matriks Pada Siswa Kelas X OTKP-1 SMK Negeri 1 Sigli . Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sigli selama tiga bulan sejak bulan Januari sampai Maret 2021 bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi matriks dengan menerapkan model problem base learning pada siswa kelas X OTKP-1 SMK Negeri 1 Sigli. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas X OTKP-1 SMK Negeri 1 Sigli tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 29 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan  membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi  dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus 2. Hasil yang diperoleh dengan menerapkan model problem base learning dalam materi matriks bagi siswa kelas X OTKP-1 pada SMK Negeri 1 Sigli adalah hasil tes pada siklus I  dengan persentase ketuntasan sebesar 65,5%, nilai rata-rata kelas sebesar 74,9 dan meningkat pada hasil tes siklus II sebesar 89,7% dengan nilai rata-rata kelas 84. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktifitas siswa dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan kondisi awal sebelum dilakukannya tindakan kelas.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar,  Model Problem Base Learning, Matriks

 

Teks Lengkap:

PDF