PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI TATA BUSANA-2 MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI MATERI PENGERTIAN DAN FUNGSI BUSANA PESTA PADA SMK NEGERI 1 SIGLI

Fitri Yanti

Abstrak

 

Penggunaan Model Pembelajaran Problem Base Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XI Tata Busana-2 Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri Materi Pengertian dan Fungsi Busana Pesta  Pada SMK Negeri 1 Sigli. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sigli selama tiga bulan sejak bulan Januari sampai dengan Maret 2020 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman melalui penggunaan model pembelajaran problem base learning pada materi pengertian dan fungsi busana pesta  bagi siswa kelas XI Tata Busana-2 SMK Negeri 1 Sigli. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas XI Tata Busana-2 SMK Negeri 1 Sigli tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 30 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan  membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi  dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus 2. Hasil penelitian diperoleh antara lain hasil tes pada siklus I  dengan persentase ketuntasan sebesar 70% nilai rata-rata kelas sebesar 75,8 dan meningkat pada hasil tes siklus II sebesar 93,3% dengan nilai rata-rata kelas 85,2. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktifitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasan belajar yang hanya mencapai  46,7% dan nilai rata-rata adalah 53,3. Dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran problem base learning dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi akuntansi sebagai sistem informasi  bagi siswa kelas XI Tata Busana-2 SMK Negeri 1 Sigli. Selain itu,  hasil pengamatan  pada proses belajar mengajar memperlihatkan perubahan siswa lebih aktif pada siklus I dan siklus II.

Kata Kunci :      Model Pembelajaran Problem Base Learning Pengertian dan Fungsi   busana Pesta

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anies. 2003. Problem Based Learning. Artikel. Tersedia pada http://www.suaramerdeka.com/harian/0304/28/kha2.htm. Diunduhtanggal 11 Januari 2016.

Anas Sudijono. 2005. PengantarEvaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja GrafindoPersada.

Aqib, Zainal, 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: YramaWidya

Hamalik, Oemar. 2008. Proses BelajarMengajar. Jakarta: PT BumiAksara.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: KencanaPrenada Media Group.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rinekacipta.

Sri Widarwati, 2000. Desain Busana I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta

Sri Widarwati, dkk. 2000. Desain Busana II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Sudijono. 2005. PengantarEvaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses BelajarMengajar. Bandung: RemajaRosdakarya.

Sugiyanto. 2008. Model-model PembelajaranInovatif. Surakarta: PanitiaSertifikasi.

Sutrisno. 2006. Fisika dan Pembelajarannya. Bandung: UPI.

Taufiq Amir. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: KencanaPrenada Media Group.