KINERJA DOSEN DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA AKADEMIK PADA SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-HILAL SIGLI

Muhammad Iqbal Mustakim Sagita

Abstrak

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli merupakan suatu lembaga pendidikan tinggi dan pusat kajian strategis ilmu pengetahuan Agama Islam, membutuhkan tenaga dosen yang memiliki kemampuan dan kinerja yang handal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dosen pada SekolahTinggiIlmuTarbiyah Al-Hilal Sigli. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi, observasi dan wawancara. Subjek penelitian para ketua sekolah tinggi, ketua prodi, dosen, kepala tata usaha, dan mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kinerja dosen dalam melaksanakan proses perkuliahan telah mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran, hal ini dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi perkuliahan yang dilaksanakan oleh dosen. 2) Motivasi dosen dalam melaksanakan perkuliahan tercermin pada kemauan dan kesadaran dosen dalam melaksakan tugas-tugas yang diembankan kepadanya.

Kata kunci : Kinerja, Dosen, Akademik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Catherine Dawson, MetodologiPenelitianPraktis, Yogyakarta: PustakaPelajar, 2001.

Iskandar, MetodelogiPenelitianPendidikandanSosial (Kualitatif dan Kuantitatif),Jakarta, GP Press. 2009.

Mulyasa, Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

PresindenRepublik Indonesia Undang-UndangNomor 14 2005, tentang GurudanDosen. Jakarta: SinarGrafika, 2005.

Sanjaya, Wina, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajran, Jakarta: Kencana, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D),Bandung, Alfabeta. 2009.

Usman Nasir, ManajemenPeningkatanMutuKinerja Guru, Konsep, Tiori dan Model, Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.