PERAN PENDIDIKAN SOSIOLOGI DALAM MEMBANGUN KESADARAN SOSIAL: BUKU PENGANTAR RINGKAS SOSIOLOGI KARYA ELLY M. SETIADY
Abstrak
Sociological education plays an important role in fostering social awareness in an increasingly complex and diverse society. The book A Brief Introduction to Sociology by Elly M. Setiadi is a basic reference that helps readers understand sociological concepts and their applications in everyday life. This article aims to analyze the role of the book in sociology education, especially in increasing social awareness. This research uses a qualitative approach with content analysis and literature review methods. The research results show that this book is able to simplify complex sociological concepts so that they can be accessed by various groups, including students and the general public. In addition, this book effectively connects sociological theory with the social reality that occurs around readers, thereby increasing their understanding and awareness of social structures, values, norms and social conflicts. Thus, this book not only functions as a source of academic knowledge, but also as a means of encouraging action that is more inclusive, reflective and responsive to the social dynamics that exist in society. A deep understanding of the social context through sociology education can contribute to forming individuals who are more critical and play an active role in creating positive social change.
ABSTRAK
Pendidikan sosiologi memegang peranan penting dalam menumbuhkan kesadaran sosial dalam masyarakat yang semakin kompleks dan beragam. Buku Pengantar Ringkas Sosiologi karya Elly M. Setiadi menjadi referensi dasar yang membantu pembaca memahami konsep-konsep sosiologi serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran buku tersebut dalam pendidikan sosiologi, khususnya dalam meningkatkan kesadaran sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi dan tinjauan pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ini mampu menyederhanakan konsep-konsep sosiologi yang kompleks sehingga dapat diakses oleh berbagai kalangan, termasuk pelajar dan masyarakat umum. Selain itu, buku ini secara efektif menghubungkan teori sosiologi dengan realitas sosial yang terjadi di sekitar pembaca, sehingga meningkatkan pemahaman dan kesadaran mereka terhadap struktur sosial, nilai-nilai, norma, serta konflik sosial. Dengan demikian, buku ini tidak hanya berfungsi sebagai sumber pengetahuan akademik, tetapi juga sebagai sarana yang mendorong tindakan yang lebih inklusif, reflektif, dan responsif terhadap dinamika sosial yang ada di masyarakat. Pemahaman mendalam terhadap konteks sosial melalui pendidikan sosiologi dapat berkontribusi dalam membentuk individu yang lebih kritis dan berperan aktif dalam menciptakan perubahan sosial yang positif.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anam, C. (2023). Peran Sosiologi dalam Meningkatkan Keterlibatan Masyarakat Desa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 50-65.
Anam, C. (2023). Peran Sosiologi dalam Pengembangan Keterlibatan Masyarakat Desa di Era Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 80-95.
Anam, C. (2023). Strategi Pendidikan Sosiologi dalam Meningkatkan Kesadaran Sosial di Komunitas Religi. Jurnal Komunitas Religi, 8(2), 100-115.
Anam, C. (2023). Strategi Pendidikan Sosiologi dalam Meningkatkan Kesadaran Sosial di Komunitas Religi. Jurnal Komunitas Religi, 8(2), 100-115.
Elly M Setiadi – 2011 - Pengantar Sosiologi: pemahaman fakta dan gejala permasalahan sosial: teori, aplikasi, dan pemecahannya - Kencana Prenada
Elly M. Setiadi – 2011 - Pengantar sosiologi: pemahaman fakta dan gejala permasalahan sosial teori aplikasi dan pemecahan - Usman Kolip.
Elly Malihah Setiadi & Ridwan Effendi – 2010 - Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi - Bandung. CV. Maulana Media Grafik
Hikmah, F. N. (2020). Peran Pendidikan Sosiologi dalam Membentuk Perilaku Masyarakat Sesuai Nilai dan Norma. Jurnal IKA, 8(1), 142-150.
Ilahi, F., & Lesmana, I. (2023). Ekonomi Politik dalam Pembangunan Masyarakat di Era Digital Berbasis Komunitas Religi. Jejaring Administrasi Publik, 15(2), 108-122.
Ilahi, F., & Lesmana, I. (2023). Implementasi Pendidikan Sosiologi dalam Membangun Kesadaran Sosial Masyarakat. Jurnal Pendidikan Sosial, 12(1), 75-90.
Ilahi, F., & Lesmana, I. (2023). Pendidikan Sosiologi dan Kesadaran Sosial: Studi Kasus di Kampung Rusip Antara. Jurnal Sosiologi Indonesia, 15(3), 160-175.
Ilahi, F., & Lesmana, I. (2023). Peran Pendidikan Sosiologi dalam Pengembangan Kesadaran Sosial di Era Digital. Jurnal Sosioteknologi, 17(5), 280-295.
Ilahi, F., & Lesmana, I. (2023). Peran Sosiologi dalam Meningkatkan Keterlibatan Masyarakat Kampung Rusip Antara. Jurnal Sosiologi Indonesia, 15(2), 130-145.
Malihah, E. (2019). Reformulating Civic Education as Political Education in Indonesia in the Convergence Era. Journal of Social Studies Education, 10(2), 150-165.
Purwasih, R., & Pratiwi, D. (2021). Analisis Faktor Pendorong dan Penghambat Perubahan Sosial dalam Masyarakat Multikultural. Jurnal Sosiologi Multikultural, 3(3), 90-105.
Purwasih, R., & Pratiwi, D. (2021). Analisis Faktor Pendorong dan Penghambat Perubahan Sosial dalam Masyarakat Multikultural. Jurnal Sosiologi Multikultural, 3(3), 90-105.
Purwasih, R., & Pratiwi, D. (2021). Dinamika Perubahan Sosial dalam Masyarakat Multikultural: Perspektif Sosiologi. Jurnal Sosiologi Multikultural, 3(2), 70-85.
Purwasih, R., & Pratiwi, D. (2021). Faktor Pendorong dan Penghambat Perubahan Sosial dalam Masyarakat Multikultural. Jurnal Sosiologi Multikultural, 3(1), 45-60.
Rahmah, F & Anshori,I. (2023). Pengaruh Pendidikan Sosiologi terhadap Kesadaran Sosial di Era Digital. Jurnal Sosioteknologi, 17(4), 250-265.
Rahmah, F., & Anshori, I. (2023). Implementasi Pendidikan Sosiologi dalam Meningkatkan Kesadaran Sosial di Era Digital. Jurnal Sosioteknologi, 17(6), 310-325.
Rahmah, F., & Anshori, I. (2023). Pendidikan Sosiologi sebagai Sarana Membangun Kesadaran Sosial di Masyarakat Digital. Jurnal Pendidikan Sosial, 12(2), 110-125.
Rahmah, F., & Anshori, I. (2023). Peran Ilmu Sosiologi dalam Membangun Kesadaran Sosial di Era Digital. Jurnal Sosioteknologi, 17(3), 215-230.
Rulianto R. (2018). Urgensi Pembelajaran Sosiologi dalam Memperkuat Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 234-245.
Santika, M. (2023). Peran Ilmu Sosiologi Budaya dalam Membangun Kesadaran Sosial dan Keterlibatan Masyarakat. Jurnal Sosiologi Indonesia, 15(1), 107-120.
Setiadi, E. M dan Kolip, Usman – 2011 - Pengantar Sosiologi - Jakarta: Kencana.
Setiadi, E. M. (2020). Penghantar Ringkas Sosiologi: Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya. Prenada Media.
Setiadi, E. M., & Kolip, U. (2011). Pengantar Sosiologi: Memahami Fakta dan Gejala Masalah Sosial: Teori, Aplikasi, dan Solusi. Kencana Prenada Media Group.
Setiadi, E. M., & Kolip, U. (2011). Pengantar Sosiologi: Memahami Fakta dan Gejala Masalah Sosial: Teori, Aplikasi, dan Solusi. Kencana Prenada Media Group.
Setiadi, E. M., Abdul Hakam, K., & Effendi, R. – 2007 - Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Edisi Kedua - Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Setiadi, E. M., Hakam, K. A., & Effendi, R. – 2012 - Ilmu sosial dan budaya dasar.
Sumitro, S., & Yuliadi, I. (2019). Peran Pendidikan dalam Membangun Kesadaran Sosial Masyarakat Bima. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 230-240.