PENGARUH NET PROFIT MARGIN, EARNING PER SHARE, CURRENT ASSET DAN PRICE TO BOOK VALUE TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2014-2018

Ramzijah Ramzijah, Nazariah Nazariah, Fandi Maldini

Abstrak

Tujuan penelitian ini ingin menguji dan menganalisis variabel independen Net Profit Margin (NPM), Earning per share (EPS), Current Asset (CA) dan Price to Book Value (PBV)  terhadap return saham. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sub sektor kimia yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) periode 2014-2018. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purpusive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor kimia periode 2014-2018 dan yang menerbitkan laporan keuangan setiap tahunnya. Berdasarkan kriteria jumlah sampel yang diambil hanya 9 perusahaan. Analisis yang digunakan dalam penelitian.Hasilnya adalah variabel independen NPM dan CA berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap return saham sementara PBV berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap return saham, sedangkan pada EPS tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham pada perusahaan manufaktur sub sektor kimia yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) periode 2014-2018. Hasil penelitian ini diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,669 atau 66,9% yang  menunjukkan bahwa variabel dependen yang digunakan dapat dijelaskan oleh variabel net profit margin (NPM), Earning per share (EPS), Current Asset (CA) dan Price to Book Value (PBV) sedangkan sisanya sebesar 33,1% dijelaskan oleh faktor-faktor yang lain yang di anggap tetap yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini.

Kata Kunci

Net Profit Margin (NPM), Earning per share (EPS), Current Asset (CA), Price to Book Value (PBV) dan return saham.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abdullah, Achmad Ridwan. 2011. Perlakuan Akuntansi Aset Biologis PT Perkebunan Nusantara XIV Makassar (Persero). Makassar: Universitas Hasanuddin.

Aryanti. 2016. Pengaruh ROA, ROE, NPM, dan CR Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JJI). Jurnal I-Finance Vol.2. No.2.

Darmadji, Tjiptono dan Fakhruddin. 2012. Pasar Modal Indonesia. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, Irham. 2018. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Cetakan ke-6. Alfabeta.

Hanafi, Mamduh M & Abdul Halim, 2018. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ke-2, Edisi ke-5.Yogyakarta: UUP STIM YKPN.

Hery. 2015. Analisa Laporan Keuangan. Edisi ke 1. Yogyakarta: Center For Academic publishing service.

Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo

Hermuningsih, Sri. 2012. Pengantar Modal Indonesia. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Jogiyanto, H.M. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi ke-7. BPFE. Yogyakarta.

Jumingan. 2011. Analisis laporan keuangan. Jakarta: Buni Aksara.

Harmono. 2014. Manajemen Keuangan.Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. 2015. Analisis laporan keuangan. Cetakan ke-7. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Latumaerissa, Julius R. 2013. Bank Dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat..

Munawir. 2014. Analisis laporan keuangan. Yogyakarta: Liberty,

Putra, Dianata Eka .2013. Berburu Uang Dipasar Modal. Semarang: Efthar.

Putra, Ferdinan Eka.. 2015. Pengaruh ROA, NPM, dan EPS Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014. Jurnal EMBA, Volume 4 Nomor 4.

Soemitra, Andri. 2014. Masa Depan Pasar Modal Syariah di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Wasih, Nela Mirda 2017. Pengaruh Return On Asset, Net Profit Margin, Price Earning Ratio, Price To Book Value, Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2014-2016. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Yusril. 2015. Pengaruh Return On Asset, Earning Per Share, Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return Saham Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Ekonomi, Volume 20 Nomor 1.