SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN VALIDASI KELUARGA SANGAT MISKIN PADA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DENGAN METODE FUZZY BERBASIS WEB

Laila Qadriah, Sayed Achmady

Abstrak

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program nasional dalam membantu keluarga sangat miskin (KSM) guna memperoleh layanan gratis pendidikan dan kesehatan. Validasi keluarga sangat miskin yang pengerjaannya masih manual pada Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Pidie dapat membuat keputusan yang salah. Dimana banyak peserta Program Keluarga Harapan (PKH) saat ini tidak sesuai dengan kriteria KSM yang ada. Kriteria KSM yaitu Luas lantai bangunan tempat tinggal, bahan pembuatan lantai, Jenis dinding tempat tinggal, status kepemilikan tempat buang air besar, Penerangan rumah tangga, Sumber air minum, Bahan bakar memasak, banyaknya mengonsumsi daging/susu/ayam dalam seminggu, banyaknya membeli satu stel pakaian baru dalam setahun, kesanggupan makan dalam sehari, kesanggupan membayar pengobatan di puskesmas/poliknik, Sumber penghasilan kepala rumah dengan pendapatan di bawah Rp 600.000 per bulan, Pendidikan tertinggi kepala rumah tangga, Tidak memiliki tabungan/barang yang mudah di jaul dengan nilai minimal Rp 500.000. Dalam sistem pendukung keputusan ini menggunakan pendekatan dengan menggunakan metode Fuzzy Attribut Decision Making (FMADM) guna memperoleh hasil perhitungan sehingga nantinya menghasilkan keterangan kelayakan suatu rumah tangga layak disebut keluarga sangat miskin.

 

Kata Kunci :  Sistem Pendukukung Keputusan, KSM, PKH, Metode Fuzzy Multi Attribut Decision Making (FMADM).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ahmad Sgoftan Sauli. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Program Keluarga Harapan Pada Kecamatan Dempet Menggunakan Metode Topsis. Universitas Muria : Kudus.

Edwin Satria Permana. 2012. Evaluasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Saruni Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang Tahun 2010. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa: Serang.

Fitriyani. 2012. Aplikasi AHP Sebagai Model Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Kuliah di Bangka Belitung. STMIK Arma Luhur Pangkalpinang: Bangka Belitung.

Hadiyanto. 2014. Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap Dengan Metode Fuzzy SAW di CV. Maulaya Tehnik. Universitas Muria: Kudus.

Hermawan. 2005. Sistem Pendukung Keputusan. Wikipedia Berbahasa Indonesia.

JannahNi’matul. 2016. Sistem Pendukung Keputusan penentuan status obesitas menggunakan metode logika fuzzy tsumoko. Universitas Muria: Kudus.

Keen, & Scot. 2009. Decision Support System and Organizational Perspective. Reading Ma : Addison-Wesley