EFEKTIVITAS PENDISTRIBUSIAN AIR BERSIH PDAM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH (Studi Kasus Cabang Syiah Kuala dan Teuku Nyak Arief)

Bunyamin, Mery Silviana

Abstrak

Air adalah salah satu prasarana kota yang amat penting dan dimanfaatkan untuk kebutuhan dasar manusia. Pemanfaatannya tidak hanya terbatas untuk keperluan rumah tangga tetapi juga untuk fasilitas umum, sosial maupun ekonomi. Salah satu cara untuk memperoleh air bersih adalah dengan memanfaatkan pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). PDAM merupakan suatu badan usaha yang mengolah dan melayani kebutuhan air minum masyarakat. Salah satu permasalahan yang telah dan akan timbul dalam pengelolaan air bersih adalah kemampuan PDAM sebagai penyedia air bersih pada umumnya masih terbatas baik jangkauan maupun mutu pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas pendistribusian air bersih PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh berdasarkan persepsi responden di daerah pelayanan cabang Syiah Kuala dan cabang Teuku Nyak Arief ditinjau dari segi kuantitas air, kontinuitas pengaliran, dan kualitas air serta jumlah kehilangan air. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu dengan penyebaran kuisioner terhadap responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan persepsi 392 responden, tingkat efektifitas air bersih PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh sudah efektif dengan nilai rata-rata 3,71 %, ditinjau dari kuantitas air sudah mampu memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan dengan nilai rata-rata 3,71 %, kontinuitas pengaliran selama 24 jam sudah baik dengan tingkat nilai rata-rata 3,99 %, dan kualitas air bersih yang dikonsumsi baik dari segi kekeruhan, bau dan rasa juga sudah efektif dengan nilai rata-rata 3,42 % dari responden.

 

Kata kunci—Penelitian, air bersih, kuantitas air, kontinuitas air, kualitas air.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

P. U. Departemen, “Petunjuk Teknis Perencanaan Rancangan Teknik Sistem Penyediaan Air Minum Perkotaan,” DPU Direktorat Jenderal Cipta Karya. Jakarta, 1998.

L. Asri and R. P. Setiawan, “Faktor yang Memengaruhi Pelayanan Ditribusi Air Bersih pada Permukiman Perkotaan di Pusat Kegiatan Lokal Kabupaten Sampang.”

M. Kencanawati, M. Mustakim, and M. Ramdhan, “ANALISIS SISTEM DISTRIBUSI AIR BERSIH BERDASARKAN PARAMETER DEBIT DAN TEKANAN AIR,” J. Ilm. Tek. Sipil TRANSUKMA (Tanah Transp. Strukt. Manaj. Kontruksi), vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2016.

N. Masombe, F. Halim, and A. Binilang, “Perencanaan Sistem Pelayanan Air Bersih Di Kelurahan Bonkawir Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat,” J. Sipil Statik, vol. 3, no. 11, 2015.

M. KESEHATAN, “PERATURAN MENTERI KESEHATAN NOMOR 492/MENKES/PER/IV/2010 TENTANG PERSYARATAN KUALITAS AIR MINUM,” 2010.

Fitriadi, “Rancangan Strategi Peningkatan Kapasitas Produksi Pada Sistem Distribusi Produksi AIr PDAM Tirta Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat,” Magister Tek. Ind. Univ. Sumatera Utara, Medan, 2013.

C. S. Silvia, “Analisis KInerja Sistem DIstribusi Jaringan AIr Bersih PDAM Tirta Meulaboh (Studi Kasus Pada Zona Layanan Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat),” Tesis, Progr. Stud. Tek. Sipil Pascasarj. Unsyiah, 2014.

Depkimpraswil, “Pedoman/ Petunjuk Teknis Manajemen Air Minum Perkotaan,” Jakarta, 2002.

Suhardi, “Kajian Spasial Tingkat Pelayanan Air Bersih di Perumahan Limbangan Baru Kabupaten Banjar Negara,” Tesis, Progr. Pasca Sarj. Univ. Diponegoro, Semarang, 2007.

E. Damanhuri, “Pendekatan Sistem Dalam Pengendalian dan Pengoperasian Sistem Jaringan Distribusi Air Minum,” Bandung, Jur. Tek. Lingkung. FTSP-ITB, 1989.

M. H. Worthington. C Andrew, “An Empirical Survey of Residential Water Demand Modelling,” J. Econ. Surv. Vol. 22, No., 2008.

T. H. Joachim Schleich, “Deteminants Of Residential Water Demand in Germany,” Work. Pap. Sustain. Innov. No. S 3, 2007.

S. Prof, “Dr. metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kulaitatif dan R & D.” Bandung: Cv. Alfa Beta, 2012.

C. R. Mampuk, T. Mananoma, and L. Tanudjaja, “Pengembangan Sistem Penyediaan Air Bersih di Kecamatan Poso Kota Sulawesi Tengah,” J. Sipil Statik, vol. 2, no. 5, 2014.

Nugraha, “Studi Kehilangan Air Akibat Kebocoran Pipa Pada Jalur Distribusi PDAM Kota Magelang (Studi Kasus: Perumahan Armada Estate dan Depkes),” Vol. 7, No. 2, Sept. 2010, ISSN 1907-187X, 2010.

H. A. M. DANI, “PERENCANAAN PIPA DISTRIBUSI AIR BERSIH KELURAHAN SAMBALIUNG KECAMATAN SAMBALIUNG KABUPATEN BERAU,” KURVA S J. Mhs., vol. 4, no. 1, pp. 178–186, 2014.

Idris F., “Analisa Kinerja Jaringan Distribusi Air Bersih Di Perumnas Lingke Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh,” Magister Tek. Sipil Univ. Syiah Kuala, Banda Aceh, 2012.

P. T. Daroy, “Peningkatan pelayanan air minum kota Banda Aceh,” Banda Aceh, 2016.