MEMBANGUN INTEGRITAS DI SATUAN PENDIDIKAN STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, GURU, ORANG TUA, DAN MASYARAKAT DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA ( Studi Kasus Di SDN Antara Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya)

Marsalin, Marsalin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menderskripsikan strategi kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam pembentukan karakter siswa di sekolah dasar. Pendekatan penelitian yang diguna- kan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Pengum- pulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipasi dan dokumentasi. Responden penelitian bersifat snow-ball. Teknik analisis data menggunakan model Creswell (2014). Keabsahan data digunakan kriteria kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan komfirmabilitas. Kesimpulan penelitian adalah strategi kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa dengan filosofis kepemim- pinan, keteladanan, kedisiplinan, kepemimpinan instruksional, kepemimpinan mutu, serta pemberda- yaan guru dan tenaga kependidikan. Strategi guru adalah keteladanan, pembiasaan, dan sentuhan kalbu. Strategi orang tua dan masyarakat adalah komunikasi efektif dan kemitraan efektif.

 

Kata Kunci: strategi, kepala sekolah, guru, masyarakat, karakter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abraham, C. S. 2004. Strategic Planning A Practical Guide for Competitive Success. Canada: Thomson South Western.

Arsyad, A. 2010. “Strategi Implementasi Pen- didikan Karakter Bangsa di Perguruan Tinggi”. Makalah Seminar Nasional Pen- didikan Karakter Bangsa. Bogor: Balit- bangdiknas.

Bafadal, Ibrahim. 2007. “Kompetensi Profe- sional Kepala Sekolah dalam Perspektif UU Sisdiknas dan Permendiknas Nomor: 13 Tahun 2005”. Makalah Seminar Na- sional di Banjarmasin. Banjarmasin: Pro- gram Magister Manajemen Pendidikan Unm.

Bell, C.R. 1997. Customer as Partners. Trans- late. Jakarta: Professional Book.

Brandsford, J., & Darling-Hammond (Eds.). 2005. Preparing Teachers for a Chang- ing Word: What Teachers Should Learn and be Able to Do. San Fransisco, CA: Jossey-Bass.

Creswell, J.W. 2014. Research Design Quali- tative, Quantitative, & Mixed Methods Approach. London: Sage.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang tentangm Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20mTahun 2003. Jakarta: Depdiknas

Djalil, S.A. & Megawangi, R. 2006. “Pening- katan Mutu Pendidikan di Aceh Melalui Implementasi Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter”. Makalah Orasi Il- miah dalam rangka Dies Natalis ke-45

Universitas Syiah Kuala, 2 September 2006.

Epstein, J.L., Sander, M.G., Sheldon, S.B., Sio- mon, B.S., Salinas, C.S., Jansorn, N.R., Voorhis, F.L., Martin, C.S., Thomas, B.G., Greenfeld, M.D., Hutchins, D.J.,& Wiliams, K.J. 2009. School, Family, and Community Partnership.YourHandbook for Action. Third Edition. United King- dom, Singapore, Calipornia, New Delhi: Corwin Press A SAGE Company

Glickman, C, D. 1987. Developmental Supervi- sion. Alternative Practice for Helping Teachers Improve Instruction. Alexan- dria, Virginia: ASCD

Jalal, F. 2011. “Kebijakan Nasional Pendidikan Karakter”. Makalah disajikan dalam Te- mu Pakar PAUDNI, di Jakarta, Tanggal

mei 2011Partnerships And Alliances.m Australia

Jansen, J. 2002. Mergers in Higher Education: Lessons Learned in Transitional Con- texts. Pretoria: University of South Africa Press.

Gardner, H. 2006. Five Minds for the Future. Boston: Harvard Business School Press.

Grant, K.B., & Ray, J.A. 2010. Home, School, and Community collaboration. Kulturly Responsive Family Involvement. Califor- nia: Sage Publication, Inc.

Guthrie, J.W & Schurman, H. 2011. Leading School to Success.Los Angelis, London, Washington DC, Singapore: Sage.

Henderson, A., & Mapp, K. 2002. A New Wave of Evidence: The Impact of School, Fa- mily and Community Connections on Stu- dent Achievement. Austin, TX: National Center for Family and Community Con- nections With School.

Hasri, S. 2004. Manajemen Pendidikan: Pende- katan Nilai dan Budaya Organisasi. Ma- kasar: Yayasan Pendidikan Makasar BTN Minasa.

Joni, T, Raka. 2008. “Model Pendidikan Guru dan Pendidikan Dosen, Pra-jabatan”. Makalah Kongres nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) di Bali, 17-19

November 2008.

Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Pe- nelitian dan Pengembangan. Pusat Kuri- kulum dan Perbukuan.

Koesoema, A.D. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Glo- bal. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Lendrum, T. 2003. The Strategic Patnering Handbook, The Practitioners’ Guide To The McGraw-Hill Companies

Lickona, T. 2008. Educating for Character. nHow Our School Teach Respect and Res- ponsibility. New York: Bantam Books.

Maraope, P.T.M. 1996. The Impact of Educa- tional Policy Reform on the Distribution of Educational Outcome in Developing Countries: the Case of Botswana. Uni- versity of Botswana, IJED Vol. 16 No- mor 2.

Mondy, R.W., & Noe, R.M. 1993. Human Resource Management. Massachusetts: Allyn & Bacon.

Sauri, S. 2011. “Strategi Implementasi Pendi- dikan Karakter Bangsa di Perguruan Tinggi”. Makalah seminar Nasional Pen- didikan Karakter Bangsa. Bogor: Panitia seminar, Balitbangdiknas.

Setyaningrum, Yanur & Husamah. 2011. “Op- timalisasi Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Berbasis Keteram- pilan Proses: Sebuah Perspektif Guru IPA Biologi”. Jurnal Penelitian dan Pe- mikiran Pendidikan (JP3), Volume 2, Nomor 1, September 2011.

Sujarwo. 2012. “Manajemen Asrama Sekolah Berbasis Pendidkan Karakter (Studi Mul- ti Kasus di MA Unggulan Amanatul Um- mah Surabaya, SMA Ar-Rohmah Dau Malang dan MA Nurul Jadid Paiton Pro- bolinggo)”. Disertasi. Tidak Dipublikasi- kan. Malang: Universitas Negeri Malang

Sulhan. 2010. Pendidikan Berbasis Karakter, Sinergi antara Sekolah dan Rumah da- lam Membentuk Karakter Anak. Sura- baya: Jaringpena.

Surachmi, Sri. 2011. “Efektivitas Dimensi In- ternal Kepala Sekolah dalam Kepemim- pinan Pembelajaran”. Cakrawala Pendi- dikan, XXX (3), hlm. 433-448).

Suyatno. 2010. “Peran Pendidikan Sebagai Mo- dal Utama Membangun Karakter Bang- sa”. Makalah Sarasehan Nasional Pe- ngembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kopertis Wi- layah 3 DKI Jakarta.

Usman, Husaini. 2013. “Strategi Kepemimpin- an Pembelajaran Menyongsong Imple- mentasi Kurikulum”. Cakrawala Pendi- dikan. No.XXXI (1), hlm. 1-13.