Proses manajemen perkantoran Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pidie

Rozaili Rozaili

Abstrak

Setiap organisasi yang dibentuk, merupakan kerja sama antara beberapa orang yang mempunyai tujuan. Dalam proses pencapaian tujuan tersebut banyak faktor yang menentukan, salah satunya faktor manajemen yang teratur, berhasil tidaknya sebuah organisasi maupun lembaga sangat ditentukan dari tertib administrasi dan manajemen serta orang yang memimpin organisasi yang bersangkutan. Jelaslah bahwa penataan manajemen yang baik serta administrasi yang teratur sangat menentukan berhasilnya suatu usaha pada setiap proses manajemen untuk mencapai tujuan tertentu yang direncanakan.Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana proses mananjemen perkantoran di Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pidie dan faktor apa saja yang menjadi hambatan pelaksanaanya. Penulisan Skripsi ini menggunakan metode dikskriptis. Untuk memperoleh data penulis melakukan penelitian lapangan untuk memperoleh data primer. Penulis juga melakukan penelitian kepustakaan untuk memperoleh data sekunder, semua data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah lalu dianalisis dengan mengunakan pendekatan kualitatif dan kuanlitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa proses manajemen perkantoran di Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pidie belum terlaksana sebagaimana mestinya. Faktor yang menjadi penghambat adalah kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki dan kurangnya pemahaman pegawai terhadap tugas dan fungsinya. Diharapkan adanya perbaikan serta partisipasi semua pihak, disamping itu disarankan agar pihak yang bersangkutan dapat menata sebaik mungkin tata letak dan fungsi sarana peralatan kantor sehingga memperindah dan memudahkan dalam melaksanakan tugas dimasa datang.

Teks Lengkap:

PDF