ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS Escherichia coli PADA AIR MINUM ISI ULANG DI GAMPONG RUKOH KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH TAHUN 2022

Fahrul Nizam, Tahara Dilla Santi, Dedi Andria

Abstrak

Standar air minum di Indonesia mengikuti standar WHO yang dalam beberapa hal disesuaikan dengan kondisi Indonesia. Melalui Peraturan Menteri Kesehatan No. 492 Tahun 2010 bahwa air minum tidak diperbolehkan mengandung bakteri coliform dan Escherichia coli. Sedangkan dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) No. 01-3553-2006, air minum dalam kemasan selain tidak boleh mengandung cemaran mikroba lebih besar dari 100 koloni/ml. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan kualitas bakteriologis (Escherichia coli) air minum isi ulang di Gampong Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif analitik dengan desain cross sectional.  Populasi dalam penelitian adalah pemilik depot air minum isi ulang di Gampong Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 9 responden. Data dianalisis menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pemeliharaan peralatan (p-value 0,048), proses pengelolaan air minum isi ulang internal (p-value 0,012) dan hygienie penjamah (p-value 0,048) dengan kualitas bakteriologis Escherichia coli air minum isi ulang di Gampong Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh Tahun 2022.  Nilai Most Probable Number (MPN) air minum isi ulang pada Depot IQ (4,86), AD (15) dan RA (12) tidak memenuhi syarat karena mengandung Escherichia coli.

Kata Kunci: Pemeliharaan Peralatan, Proses Pengelolaan Air Minum Isi Ulang, Hygienie Penjamah, Kualitas Bakteriologis Escherichia coli

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

BPS Kota Banda Aceh. 2021. Aceh Dalam Angka. Banda Aceh: Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh.

Chandra. 2020. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Penerbit Buku. Kedokteran EGC.

Depkes RI. 2010. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2009. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Dewi, S. B. N. S. 2021. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Bakteriologi Pada AIR MINUM Diwilayah Kerja Dinas Kesehatan Kab. Ogan Komering ULU Tahun 2021. Stikes Bina Husada.

Febrina. 2018. Analisis Kandungan Total Coliform Pada Air Galon Konsumen Domestik Terhadap Higiene Sanitasi Perorangan di Kecamatan Pauh Kota Padang. Skripsi. Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Andalas.

Gabriel, J. F. 2001. Fisika Lingkungan. Jakarta: Penerbit Hiprokrates.

Saputra. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Air Di Depot Air Minum Isi Ulang (Air minum) di Wilayah Kerja Puskesmas Bahaur Hilir. Universitas Islam Kalimantan.

Soemarto. 2020. Hidrologi Teknik. Jakarta: Erlangga.

Sondakh, R. C., Rattu, J. A. M. and Kaunang, W. P. J. 2015. Hubungan Antara Air Baku, Proses Pengolahan dan Higiene Sanitasi Depot dengan Kualitas Bakteriologis pada Depot Air Minum di Kota Manado.’, 3(2), pp. 60–66.