ANALISIS KORELASI KETERAMPILAN LITERASI NUMERIK TERHADAP KEMAMPUAN PRAKTIKUM BANDUL MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS JEMBER

Bilqis Adillah, Merry Khanza Kusuma Wardhany, Tsamratul Fuadiyah

Abstrak

ABSTRACT

A mathematical pendulum is a harmonic vibrating object. In a simple pendulum it consists of a mass weight suspended at the end of a light rope which is ignored mass and the object can be moved harmonically. The purpose of this study was to analyze the data of the correlation test results or the relationship of numerical literacy skills to mathematical pendulum practicum abilities by physics education students of Jember University. The method used in this study is quantitative correlation, which describes the influence between variables. This study was conducted to obtain evidence of the relationship between numerical literacy ability (X) to the mathematical pendulum practicum ability (Y) of physics education students. The subjects used in this study were 40 students of Physics Education class B class of 2022 Jember University. The results obtained from the research carried out are numerical literacy abilities related or positively correlated with mathematical pendulum practicum skills with a moderate degree of correlation relationship.

ABSTRAK

Bandul matematis merupakan sebuah benda bergetar harmonik. Pada sebuah bandul sederhana terdiri atas sebuah beban yang bermassa digantungkan di ujung tali ringan yang massa diabaikan dan benda tersebut dapat digerakkan secara harmonik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis data hasil uji korelasi atau hubungan keterampilan literasi numerik terhadap kemampuan praktikum bandul matematis oleh mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif korelasi, yang menggambarkan pengaruh antara variabel. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pembuktian tentang hubungan kemampuan literrasi numerik (X) terhadap kemampuan praktikum bandul matematis (Y) mahasiswa pendidikan fisika. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 mahasiswa Pendidikan Fisika kelas B angkatan 2022 Universitas Jember. Hasil yang diperoleh dari penelian yang dilakukan adalah kemampuan literasi numerik berhubungan atau berkorelasi secara positif terhadap kemampuan praktikumm bandul matematis dengan derajat hubungan korelasi sedang.

 


Kata Kunci

hubungan, literasi numerik, praktikum bandul matematis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Fadhila, A. N. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL Menggunakan Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Medan Magnet. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 53-70.

Ginting, W., & Sebayang, L. R. M. 2020. Korelasi Antara Penayangan Indonesian Idol Season Sepuluh di RCTI Dengan Minat Menonton Masyarakat Di Desa Batukarang. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(2), 183-197.

Haryadi, R. 2016. Korelasi antara matematika dasar dengan fisika dasar. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(1).

Laksito, W. 2017. BUKU PRAKTIKUM. Badan Penerbitan Universitas Stikubank (BP-UNISBANK) Semarang.

Riani, N. K., Husna, A., & Gusmania, Y. 2022. Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Literasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2359-2369.

Sari, W. P., Hidayat, A., & Kusairi, S. 2018. Keterampilan berpikir kreatif siswa sma dalam pembelajaran project based learning (pjbl) pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 751-757.

Simamora, N. F., & Situmeang, E. Y. 2018. Analisa Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Showroom Garuda Sibolga. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 1(1), 68-79.

Suparno, P. 2015. Penyiapan calon guru fisika SMA yang saintifik dan berkarakter melalui praktikum. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng & DIY, Yogyakarta. ISSN, 0853-0823.

Syariffudin, A., Ashari, A., & Pratiwi, U. 2022. Perancangan Alat Peraga Gerak Harmonik Berupa Bandul Matematis Menggunakan Sensor Photodioda Berbasis Arduino. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 2(01), 196-207.