PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN

Lindawati Lindawati

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi bagi siswa kelas IX-E di SMP Negeri 1 Muara Tiga Kabupaten Pidie.. Pelaksanaan (PTK) ini menggunakan dua siklus dengan melalui 3 tahapan yaitu, (1) Briefing, yaitu tahap proses pengarahan pada individu atau kelompok sebelum melakukan pembelajaran, (2) Activity, yaitu tahap dimana individu atau kelompok melaksankan kegiatan sesuai dengan briefing yang telah diberikan, dan (3) Mereview, adalah tahap dimana siswa dibantu pengajar melihat dan memandang secara kritis dampak dari kegiatan, lalu menarik kesimpulan dari pengalaman atau kegiatan tersebut. Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes siswa diperoleh dari dokumen penilaian proses pembelajaran dan secara individu menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Experiential Learning, dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis cerpen. Hasil rata-rata tes menulis cerpen pada siklus I diperoleh hasil rata-rata sebesar 65 kemudian pada siklus II diperoleh hasil rata-rata sebesar 77 dengan ketuntasan klasikal 85,7%. Berdasarkan hal tersebut diharapkan guru dapat menerapkan Model Pembelajaran Experential Learning dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik agar kemampuan keterampilan menulis cerpen siswa dapat meningkat.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Experiential Learning, Keterampilan Menulis, Cerpen

Keywords

Model Pembelajaran Experiential Learning, Keterampilan Menulis, Cerpen

References

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suharsimi,. 2005. Manajemen Penelitian.Jakarta : PT. Rineka Cipta

Carl Roger (www.wordpress.com) diakses 20 agustus 2018

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: P.T. Bumi Aksara

John Luckner dan Reldan Nadler http://www.learningfromexperience.com/images/uploads/process-of-experiential-learning.pdf. diakses 20 agustus 2018

Kolb, David A. 1984. Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development.Western Reserve University: New Jersev

Kosasih, E. 2004. Kompetensi Ketatabahasaan Dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widia.

Semi, Atar. 1990. Menulis Efektif. Padang : Angkasa Raya

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher