KURIKULUM PRODI D-IV MANAJEMEN ASET PUBLIK (PROGRAM REGULER ALIH PROGRAM) PKN STAN: SEBUAH KAJIAN AKADEMIS

Prayudi Nugroho, Aditya Wirawan, Intan Puspitarini

Abstrak


Program Studi Diploma IV Manajemen Aset Publik Reguler Alih Program di PKN STAN diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, yang sebelumnya merupakan lulusan Program Studi Diploma III PKN STAN, di bidang pengelolaan aset publik (aset negara). Masalah yang terjadi adalah ketiadaan kurikulum yang memadai bagi program studi tersebut, sehingga kelayakan penyelenggaraan program studi ini berpotensi untuk dipertanyakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menyajikan hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan kurikulum. Melalui kajian literatur, serta observasi, dokumentasi, analisis dokumen, dan tabulasi data, hasil penelitian ini menyimpulkan program studi ini layak untuk diselenggarakan, setelah mempertimbangkan rencana calon mahasiswa, mata kuliah, beban studi, serta waktu penyelenggaraan pendidikan pada program studi tersebut.

Kata kunci: Manajemen Aset Publik, PKN STAN


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, Noor dan Hidayat, Lukman. 2013. Pengaruh Manajemen Aset terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. 1 (1): 23-38.

Ahid, Nur. 2006. Konsep dan Teori Kurikulum dalam Dunia Pendidikan. Islamica, 1 (1): 12-29.

Aira, Aras. 2014. Peran Manajemen Aset dalam Pembangunan Daerah. Kutub-khanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. 17: 21-39.

Antoh, Agustina Ester. 2017. Pengaruh Manajemen Asset Tetap dalam Opti-malisasi Aset Tetap (Tanah dan Bangunan) Pemerintah Daerah, Studi di Kabupaten Paniai. Jurnal Manaje-men dan Bisnis. 1 (2): 37-47.

Buckley, Roger and Caple, Jim. 2004. The Theory and Practice of Training, 5th edition, USA: Kogan Page.

Diana, Ley dan Osesoga, Maria Stefani. 2020. Pengaruh Likuiditas, Solvabili-tas, Manajemen Aset, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuang-an. Jurnal Akuntansi Kontemporer (JAKO). 12 (1): 20-34.

Fagrell, Per et al. 2020. Curriculum Deve-lopment and Quality Work in Higher Education in Sweden: The External Stakeholder Perspective. Journal of Praxis in Higher Education. 2 (1): 28-45.

Frismelly, Arinda dan Mukhaiyar, Riki. 2021. Rekonstruksi Kurikulum Prog-ram Studi Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Mimbar Ilmu. 27 (1): 27-32.

Gavrikova, Elizaveta et al. 2020. Strategic Aspects of Asset Management: An Overview of Current Research. Sustainability. 12: 1-29.

Imron, Ali dkk. 2022. Model Akuisisi Kredit Semester dalam Implementasi Kurikulum MBKM Program Studi Pendidikan IPS UNESA. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. 7 (2): 104-117.

Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Lubis, Adlan Fauzi. 2020. Manajemen Kurikulum Berbasis Kerangka Kuali-fikasi Nasional Indonesia (KKNI) di Perguruan Tinggi Islam. Altanzim; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 04 (02): 146-158.

Maletic, Damjan et al. 2020. An Analysis of Physical Asset Management Core Practices and Their Influence on Operational Performance. Sustainab-ility. 12: 1-20.

Purba, Jan Horas Veryady dan Bimantara, Denny. 2020. The Influence of Asset Management on Financial Perfor-mance, with Panel Data Analysis. Advances in Economics, Business, and Management Research. 143: 150-155.

Sara, I Made dkk. 2021. The Effect of Strategic Planning, Human Resorce and Asset Management on Economic Productivity: A Case Study in Indo-nesia. Journal of Asian Finance, Eco-nomics, and Business. 8 (4): 381-389.

Sekaran, Uma. 1992. Research Methods for Business, A Skill Building Approach. Second Edition. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Soemitro, Ria Asih Aryani dan Suprayitno, Hitapriya. 2018. Pemikiran Awal tentang Konsep Dasar Manajemen Aset Fasilitas. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas. 2 (1): 1-14.

Sugiyono. 2015. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Ban-dung: Alfabeta.

Tujantri, Harkam & Wulandari, Titis. 2022. Evaluasi Keberhasilan Kurikulum Perguruan Tinggi mengacu KKNI menggunakan Sistem Pakar. Jurnal Tunas Pendidikan. 4 (2): 267-274.

Yusrie, Chaira Saidah dkk. 2021. Pengem-bangan Kurikulum dan Proses Pem-belajaran Pendidikan Tinggi: Kajian tentang Kerangka Kualifikasi Nasio-nal Indonesia (KKNI). Reslaj: Religi-on Education Social Laa Roiba Journal. 3 (1): 31-51.

UU 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UU 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi.

PP 4/2014 tentang Penyelenggaraan Pendi-dikan Tinggi dan Pengelolaan Pergu-ruan Tinggi.

PP 57/2021 tentang Standar Nasional Pen-didikan (diubah PP 4/2022).

Perpres 8/2012 tentang Kerangka Kualifi-kasi Nasional Indonesia

Permendikbud 73/2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indo-nesia Bidang Pendidikan Tinggi.

Permenristekdikti 26/2016 tentang Rekog-nisi Pembelajaran Lampau.

Permendikbud 3/2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Permenkeu 18/PMK.01/2009 tentang Tu-gas Belajar di lingkungan Departe-men Keuangan

Kepmendiknas 232/U/2000 tentang Pedo-man Penyusunan Kurikulum Pendi-dikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.

Peraturan/Keputusan terkait Kurikulum Pendidikan di PKN STAN dan Se-leksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN.

https://www.paklativi.com/2018/01/teori-pengembangan-kurikulum.html (diunduh 10 Desember 2022).




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.989

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: