Adopsi Kebijakan Pendidikan

Sussanti Sussanti, Fachrul Reza

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk melihat kebijakan pendidikan di negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia agar kebijakan tersebut dapat diadopsi di Indonesia. Terdapat dua tahap yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu : 1). Melihat sistem pendidikan di Finlandia, Jepang dan Korea Selatan serta mengkomparasikan dengan sistem pendidikan di Indonesia; 2). Adopsi kebijakan pendidikan dari ketiga negara tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan, yang mana tahap – tahapnya yaitu melihat kemampuan membaca, kemampuan matematika dan kemampuan sains di empat negara yang menjadi lokus penelitian (Finlandia, Jepang, Korea Selatan dan Indonesia), melihat perbedaan sistem pendidikan, serta melihat apakah Indonesia dapat mengadopsi kebijakan pendidikan dari Finlandia, Jepang dan Korea Selatan dengan mengacu pada kelebihan Indonesia dari segi anggaran pendidikan yang cukup besar. Hasil penelitian menunjukan bahwa  Finlandia, Jepang dan Korea Selatan memiliki sistem pendidikan terbaik dan membuat mereka mempperoleh skor kemampuan membaca, matematika dan sains diatas rata – rata. Sebagian sistem pendidikan di ketiga negara tersebut dapat diadopsi oleh pemerintah Indoensia seperti kurikulum, menghapus pekerjaan rumah dan sistem peringkat bagi siswa, mengurangi jumlah hari sekolah menjadi lima hari dalam seminggu serta menyetarakan kualitas pendidikan di seluruh sekolah yang ada di Indonesia.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Finnish National Board of Education (2016). Curriculum in Finland. https://dge.mec.pt/sites/default/files/Noticias_Imagens/1_curriculum_in_finland.pdf

KEMENDIKBUD. (2019). Neraca Pendidikan Nasional 2019. https://npd.kemdikbud.go.id/

Muhibbin, S. (2007). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya

NCEE (2021). Top Performing Countries : Japan. https://ncee.org/country/japan/

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta

OECD. (2021a). Reading Performance (PISA). https://data.oecd.org/pisa/reading-performance-pisa.htm#indicator-chart

OECD. (2021b). Mathematic Performance (PISA) https://data.oecd.org/pisa/mathematics-performance-pisa.htm#indicator-chart

OECD. (2021c). Science Performance (PISA). https://data.oecd.org/pisa/science-performance-pisa.htm#indicator-chart

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Program Indonesia Pintar

Prasetyo, T. (2021). Laporan Sistem Pendidikan Korea Selatan. https://www.researchgate.net/publication/351344813_Laporan_Sistem_Pendidikan_Korea_Selatan

Riyana, C. (2008). Studi Perbandingan Kurikulum : Cina, Korea dan Jepang. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/197512302001121-CEPI_RIYANA/10_Perbandingan_Kurikulum.pdf

Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.940

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: