PENINGKATAN EFEKTIFITAS PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SIPRAJA DI KABUPATEN SIDOARJO

Diana Eka Agustina, Mauviratul Hikmah, Fionita Eka Putri

Abstrak


Pada dasarnya pelayanan public merupakan sebuah tanggung jawab dari sebuah birokrasi untuk menyelenggarakan pelayanan untuk masyarakat yang lebih efektif, khususnya dalam hal pelayanan public yang sering memiliki problematika dalam pelayanan. Sehingga pembaruan atau inovasi inovasi baru terus dilakukan demi tercapainya pelayanan public yang efektif. Salah satu inovasi pelayanan public yang diwujudkan oleh Pemerintahan Kabupaten Sidoarjo adalah dengan membuat suatu program yang disebut SIPRAJA. Program ini dikelola langsung oleh seluruh perangkat desa dan kecamatan untuk melayani masyarakat dalam memuat surat menyurat.sehingga masyarakt tidak perlu datang kebalai desa maupun ke kecamatan karena prosesnya dapat dilakukan secara mandiri dirumah saja. dan jika sudah menyelesaikan dan telah diproses maka hasilnya akan dikirimkan melalui aplikasi SIPRAJA sehingga masyarakat dapat langsung meng-unduh file kemudian dapat dicetak langsung.. Namun ada beberapa masyarakat yang mengalami kesulitan sehingga tidak bisa melakukan proses pembuatan surat melalui SIPRAJA. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan efektivitas pelayanan public melalui aplikasi SIPRAJA di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literature (linrary research). Dimana penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan) baik berupa buku, catatatn, maupun laporan hasil penelitian terdahulu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


El-Haq, I. M. (2022). Penerapan Teknologi Informasi Dalam Birokrasi Publik di Kantor Desa Kebonagung. Praja Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(04), 99–104.

Febrianti, M. M., & Priyadi, M. P. (2022). Implementasi Good Governance Dan Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Dan …, 11(18)(Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/4748%0Ahttp://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/download/4748/4748

Gea, A. A. (2014). Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien. Humaniora, 5(2), 777. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3133

Heryanto Monoarfa. (2012). Efektivitas dan Efisiensi Penyelenggaraan Pelayanan Publik: Suatu Tinjauan Kinerja Lembaga Pemerintahan. Jurnal Pelangi Ilmu, 5(1), 1–9.

Koli, A. R. A., & Firdausi, F. (2019). Efektivitas pelayanan publik di bidang kependudukan berbasis elektronik di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota batu. Jurnal Ilmu Sosial Dan IlmuPolitik, 8(4), 200–205.

Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik. Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.26618/ojip.v1i2.22

Maulana, A. R., & Widodo, E. (2020). Inovasi Mal Pelayanan Publik Kota Probolinggo Dalam Meningktakan Efektifitas Pelayanan Publik. Di Era Revolusi Indusri 4. O", 4(4), 548–568. http://research-report.umm.ac.id/index.php/PSIP/article/view/3510

Musaddad, A. A., Ahzani, W. . F., Susilowati, M., & Arif, L. (2020). IMPLEMENTASI SISTEM PELAYANAN RAKYAT SIDOARJO (SIPRAJA)SEBAGAI INOVASI PELAYANAN PUBLIK. 1(6), 206–213. https://doi.org/prefix 10.46799

Nawangsari, E. R., Purwanto, E., & Hariyawati, S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kecamatan Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 6(1).

Rinaldi, R. (2012). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK. 1(1), 1–94. https://doi.org/10.31289/jap.v2i1.945

Saputra, D. P., & Widiyarta, A. (2021). Jurnal Penelitian Administrasi Publik ? Vol 7 No. 2 Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Administrasi Publik, 7(2), 194–211. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpap/article/view/5747.

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. 6(1), 41–53.

Sekarningrum, T. D., N, S. S., & Adinda, R. A. (2021). Implementasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil di Desa Bumiaji Kota Batu. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 10(3), 185–192. https://doi.org/10.33366/jisip.v10i3.2308

Sukmana, H., Rodiyah, I., & Mursyidah, L. (2022). Implementation of Micro, Small and Medium Enterprises Policy during the Covid-19 Pandemic in Sidoarjo. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 10(1), 34–41. https://doi.org/10.21070/jkmp.v10i1.1684

Wicaksana, A. (2016). Efektivitas Kinalang Sebagai Aplikasi Pelayanan Publik Berbasis Elektronik Di Kota Kotamobagu. Https://Medium.Com/, 2(1), 1–14. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Sumber Website :

www.sidoarjokab.go.id diakses pada 17 November 2022 pukul 19.10 WIB

www.sipraja.sidoarjokab.go.id diakses pada 18 November 2022 pukul 10.30 WIB




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.912

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: