PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PADANG TIJI

Nuraiza Nuraiza, Junaidi Junaidi, Tutia Rahmi

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui data strategi pembelajaran kontekstual, mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Tiji, dan mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Tiji. Pendekatan yang digunakan pendekatan kuantitatif berjenis eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas dari seluruh kelas XI yang ada di SMA Negeri 1 Padang Tiji, dengan jumlah sampel 48 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data dalam penelitian ini diperoleh nilai t= 19,293. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks eksplanasi antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kontekstual dan siswa tanpa menggunakan strategi pembelajaran kontekstual. Kelompok eksperimen memiliki peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi yang signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan uji-t yaitu th sebesar 6,961 pada taraf signifikansi 5%, selanjutnya nilai P sebesar 0,000 (0.000<0,05 – signifikan).

Kata kunci: Strategi pembelajaran kontekstual (CTL), kemampuan menulis, teks eksplanasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi (Revisi VD). Jakarta: Rineka Cipta.

Asmayetti, Rina Surya. 2013." Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MIA-3 SMA Negeri 1 Labuhabhaji Melalui Metode Example Non-example”. Skripsi. Getsempena.

Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Gafur, Abdul. 2003. Penerapan Konsep dan Prinsip Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Desain dalam Pengembangan Pembelajaran dan Bahan Ajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, November 2003: Tahun XXII. No. 3 Universitas Negeri Yogyakarta: LP3M UNY.

Johnson, E.B. 2007. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Center.

Kementerian dan Kebudayaan RI. 2013. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Gramedia.

Mahsun. 2013. Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Nurhadi. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme. Guru. Jakarta:Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i1.631

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: