PENERAPAN METODE MAKE A MATCH BERBASIS PANCINGAN KATA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS XII IPA DI SMA NEGERI 1 BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR

Saimun Saimun

Abstrak


Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPA pada SMA Negeri 1 Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur. Penentuan waktu penelitian berpedoman pada kalender akademik sekolah, karena PTK memerlukan beberapa siklus yang membutuhkan proses belajar mengajar yang efektif di kelas. Penelitian dilaksanakan selama 4 (empat) bulan yang dimulai dari bulan Agustus 2021 sampai November 2021 pada semester gasal tahun pelajaran 2021/2022. Subyek penelitian adalah siswa dan siswi kelas XII IPA SMA Negeri 1 Birem Bayeun yang berjumlah 26 orang siswa, terdiri dari 8 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA, dan Guru sebagai peneliti, kolaborator, instrumen angket dan wawancara, dan SMA Negeri 1 Birem Bayeun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: tes tertulis atau unjuk kerja siswa dari kosa-kata yang telah didiktekan oleh guru, observasi atau pengamatan, dan wawancara kepada siswa untuk mengetahui persepsi dan kesan terhadap perlakuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode make a match/thariqah al-muthaabaqah dapat meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Arab siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Birem Bayeun karena (1) metode ini dapat diterapkan pada pembelajaran “menulis” pada aspek/indikator kemampuan menyusun struktur kalimat, dan menambah referensi kosa-kata/mufradat, (2) penerapan metode make a match dapat menciptakan suasana pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran Bahasa Arab karena menciptakan pembelajaran dengan permainan, (3) dapat menumbuhkan kerja sama sehingga siswa belajar bersama kelompok untuk memecahkan masalah dan menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Dapat disimpulkan  bahwa metode make a match/thariqah al-muthaabaqah dapat meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Arab siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Birem Bayeun.

Kata kunci: Metode Make A Match, Kemampuan, Menulis, Bahasa Arab


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita Lie, 2003. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat. 2009. Model Rancangan Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Lingkungan (Pertanian) Dengan Teknik Pancingan Kata Kunci. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Hisyam Zaini. 2005. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Rukmana, Aprillia. 2012. Penerapan Metode Pembelajaran Make A-Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran Pada Mata Pelajaran Menemukan Peluang Baru Dari Pelanggan di SMK Islam Batu. Malang: Fakultas Ekonomi UM.

Safitri Wahyuningsih. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A-Match. Tersedia pada:http://eprints.uny.ac.id/2099/.

Suliana. 2005. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i1.628

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: