ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI MTS BATUSITANDUK

Jusrianto Jusrianto, Yuyun A, Sunarni Yassa, Daniel Parubang, Haspidawati Nur

Abstrak


Penelitian bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis permainan tradisional engklek di MTs Batusitanduk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatis dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di MTs Batusitanduk penelitian dilaksanakan tahun 2021. Dalam memperoleh sebuah data di perlukan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan yaitu pedoman informasi dipergunakan ketika pengumpulan data melalui pengamatan, pedoman wawancara berupa pertanyaan, pedoman dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data-data. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu redukasi data, display data, penarikan data. Hasil penelitian Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran PPKn dengan diterapkannya media permainan tradisonal engklek minat belajarnya meningkat serta berantusias dalam mengikuti pelajaran. Minat siswa dalam belajar pada mata pelajaran PPKn, menunjukkan bahwa didalam wawancara yang telah dilakukan siswa sangat menyukai media permainan setelah diterapkan dimata pelajaran PPKn.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rinneka Cipta

Kurniati, Euis, 2005. Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mulyani, Novi, 2016. Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: DIVA Press.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.627

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: