UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XI. IPA 4 DALAM MEMAHAMI NARRATIVE TEXT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHAREPADA SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 IDI RAYEUK

Husaini Husaini

Abstrak


Keterampilan membaca termasuk keterampilan bahasa yang bersifat reseptif. Artinya, membaca membutuhkan peran aktif berpikir, kerja otak untuk dapat menyerap isi bacaan. Salah satu bahan bacaan dalam pelajaran bahasa Inggris adalah membaca bahan bacaan teks narasi (narrative text). Pembelajaran pemahaman membaca narrative text yang didominasi oleh cermah guru, tanya jawab dan pemberian tugas, ternyata membuat siswa sulit untuk memahami bacaan dan tidak fokus terhadap makna dan tujuan teks yang yang dibaca. Hasil tes pada kondisi awal untuk 33 siswa adalah 7 orang (21,21%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas hanya 60,30. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran bahawa Inggris terutama dalam memahami narrative text melalui pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share. Lokasi penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Idi Rayeuk dengan subjek penelitian siswa siswa kelas XI. IPA 4 pada semester genap yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana tiap-tiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa nilai sebelum tindakan awal, nilai tes pada tiaptiap siklus, observasi pelaksanaan penelitian di dalam kelas, catatan lapangan dan dokumentasi penelitian. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian, jika pada kondisi awal pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah jumlah siswa tuntas adalah 21,21%, sedangkan pada siklus I dengan pembelajaran koopertif tipe tipe think-pair-share terjadi peningkatan sebesar 63,64%. Dengan adanya berbagai refleksi siklus I untuk pelaksanaan siklus II, diperoleh 90,91% siswa tuntas. Peningkatan dengan pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share karena memberikan kesempatan pada siswa untuk berpikir, menjawab dan saling membantu satu sama lain sehingga tercapai hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan

Kata kunci: Hasil belajar, metode kooperatif, Tipe Think-Pair-Share


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Aksara.

Depdiknas. 2009. Juklak Inggris SMA. Dikdasmen.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Ibrahim, Muslim. 2002. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas

Negeri Malang.

Kane, Thomas. S. 2000.The Oxford Essential Guide to Writing. New York: Barkley Books.

Lie, A. 2004. Cooperative Learning. Jakarta:Grasindo.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Grasindo

Rusyan, A. Tabrani. 2005. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i1.626

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: