UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KETERKAITAN ANTARA STRUKTUR SEL PADA JARINGAN TUMBUHAN DENGAN FUNGSI ORGAN PADA TUMBUHAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS XI-MIA DI SMA NEGERI 1 PEUDAWA KABUPATEN ACEH TIMUR

Halimatussakdiah Halimatussakdiah

Abstrak


Penelitian ini di lakukan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di kelas XI-MIA SMA Negeri 1 Peudawa, Kabupaten Aceh Timur semester ganjil. Siswa yang dijadikan objek penelitian adalah siswa kelas XI-MIA sebanyak 27 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Mata pelajaran yang menjadi fokus penelitian adalah mata pelajaran Biologi pokok pembahasan keterkaitan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan. Dalam penerapan model Cooperative Learning tipe Make A Match ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas di kelas XI-MIA SMA Negeri 1 Peudawa, Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini dilaksanakan dengan melalui dua siklus. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Dari hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar keterkaitan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan antara prasiklus yang hanya 11 siswa atau 40,74%, siklus I sudah cukup meningkat dan perlu perbaikan sebanyak 19 siswa atau 70,38%, serta di siklus II sudah menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar keterkaitan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan siswa-siswi yang signifikan sebanyak 26 siswa atau 96,30 %. Dari hasil tersebut hasil penelitian dapat dibuktikan dan diterima. Penggunaan Metode Make – A Match terbukti mampu meningkatkan hasil belajar keterkaitan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan siswa-siswi kelas XI-MIA SMA Negeri 1 Peudawa, Kabupaten Aceh Timur. 

Kata Kunci: Struktur, Sel Fungsi Organ, Tumbuhan, Model Make A Match

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita Lie. 2008. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperativr Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Rosdakarya.

Ibrahim, H. Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Kokom Komalasari. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Alikasi Bandung: Refika Aditama.

Nana Sudjana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Uzer Usman. 2013. Menjadi Guru Profesional, Bidang: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i1.625

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: