UPAYA PENINGKATAN MUTU KEPALA MADRASAH DALAM MENSUPERVISI GURU MELALUI WORKSHOP PADA KKG DI MADRASAH BINAAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 27 ACEH BESAR

Fitriah Fitriah

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 27 Aceh Besar, yang meliputi empat aspek yakni: aspek kelompok kerja guru, aspek supervisi, aspek seminar atau workshop, dan aspek pendidikan dan pelatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif Subjek dalam penelitian adalah guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 27 Aceh Besar dengan responden guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 27 Aceh Besar. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan proportionate random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 10 guru. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara tidak terstruktur. Uji validitas menggunakan observasi dari Person, sedangkan uji reliabilitas menggunakan bimbingan teknis. Analisis data mengunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan profesionalitas guru oleh kepala sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 27 Aceh Besar masuk dalam kategori baik dengan capaian persentase 85 %. Hal ini dikarenakan kepala sekolah kepala sekolah rutin dalam melaksanakan pembinaan guru khususnya pembinaan melalui supervisi, serta memfasilitasi guru untuk berpartisipasi aktif dalam KKG, seminar atau workshop, dan pendidikan dan pelatihan.
Kata kunci: Pembinaan Profesionalitas Guru, Profesionalitas, Kepala Sekolah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aan Komariah dan Cepi Triatna. (2006). Visionary Leadership, Menuju Sekolah Efektif.Jakarta: Bumi Aksara.

Abdul Rohim. (2011). Pembinaan Kompetensi Profesional Guru di SMP

Assalam Cipondoh Tangerang.Skripsi. Tangerang:FIP UIN.

Akhmad Afroni. (2013). Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai

Supervisor Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru.Jurnal. Jakarta: FIP UIN.

Ali Imron. (1995). Pembinaan Guru Indonesia. Jakarta: PT Dunia Pustaka Raya.

Danim dan Suparno.(2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1990). Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdikbud. (1994). Pedoman Pelaksanaan Sistem Pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar Melalui Gugus Sekolah. Jakarta:

Depdiknas. (1996c). Pedoman Profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta:

Depdikbud.

Depdiknas. (2004). Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Dwi Siswoyo, dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v4i2.524

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: