MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELALUI PELATIHAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DI KKG PADA MADRASAH BINAAN MIN 19 ACEH BESAR TAHUN 2020

Fitriah Fitriah

Abstrak


Pembelajaran berbasis multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam mengubah cara siswa untuk belajar, untuk memperoleh informasi, dan menyesuaikan informasi. Melalui pembelajaran berbasis multimedia, kemampuan teknik pembelajaran guru dapat digunakan secara optimal. Pada pembelajaran berbasis multimedia kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang dapat dipengaruhi oleh pembelajaran berbasis multimedia. Faktor yang dipengaruhinya adalah motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian yang akan dilaksanakan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 19 Aceh Besar. yang berjumlah 10 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simpel random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 10 orang. Data penelitian diperoleh dengan bimbingan dan pelaatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis multimedia terhadap motivasi belajar siswa. Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis multimedia terhadap hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 19 Aceh Besar. Maka hendaknya guru dapat meningkatkan dan menggunakan pembelajaran berbasis multimedia dengan tepat sesuai dengan materi pembelajaran sehingga pembelajaran yang dilakukan bermakna, efektif, dan efisien. Dengan demikian dapat meningkatkan motivasi belajar serta memudahkan siswa dalam memahami materi sehingga siswa akan mendapatkan hasil belajar yang memuaskan.
Kata Kunci : Motivasi, Multimedia,KKG,Pelatihan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Zainal. 2007. Analisis Eksistensial. Jakarta: Raja Grafindo

dan Saebani, B.A. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Agung, A.A. Gede. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: STKIP Singaraja.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktk. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo

Uno, Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta:Bumi Aksara

Bahri, Syeful dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:

Rineka Cipta.

Etin Solihatin, Raharjo. 2007. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Fasli Jalal, Dedi Supriadi. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi

Daerah. Jakarta: Depdiknas-BapenasAdicitakaryanusa, 2001.

Miles, Matthew B dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data

Kualitatif. IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya Jakarta: Universitas

Indonesia Press.

Sumaatmaja, Nursid. 1984. Metodologi pengajaran ilmu pengetahuan sosial. Bandung: FEUI

Wlodwoski, R.J. 1985. Enhancing adult motivation to learn: A guide to

improving instruction and increasing learner achievement. San Francisco.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem.

Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Hamalik, Oemar. 1994. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Hujair AH Sanaky. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v4i2.523

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: