PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA-3 SMA NEGERI 1 KEMBANG TANJONG

Marlina Marlina

Abstrak


Model Problem Based Learning (PBL) memungkinkan siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran di dalam kelas. Pembelajaran berbasis masalah adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan ketrampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari mata pelajaran. Pembelajaran berbasis masalah digunakan untuk merangsang berpikir tingkat tinggi dalam situasi berorientasi masalah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar matematika siswa kelas XI MIPA-3 SMA Negeri 1 Kembang Tanjong Kabupaten Pidie pada materi progaram linier dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal dan meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dan strategi pembelajaran secara bervariasi untuk meningkatkan Hasil Belajar matematika siswa. Penelitian ini berlangsung selama tiga bulan yaitu sejak bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2021. Jenis penelitian ini digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri sebanyak dua siklus. Subyek Penelitian adalah siswa kelas XI MIPA-3 SMA Negeri 1 Kembang Tanjong Kabupaten Pidie tahun pelajaran 2021-2022 yakni sebanyak 30 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan pra siklus dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, siklus I dan siklus II. Persentase Ketuntasan yang diperoleh pada siklus I sebaesar 76,67% dengan nilai rata-rata kelas 78,87 dan meningkat pada siklus II menjadi 93,33 dengan nilai rata-rata kelas sebesar 80,37. Simpulan dari penelitian ini adalah keterampilan guru semakin meningkat dalam menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi program linier, sehingga siswa semakin antusias dan bersemangat untuk mengikuti pembelajaran dan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA-3 pada materi program linier di SMA Negeri 1 Kembang Tanjong.

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL) dan Hasil Belajar Matematika


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v4i2.520

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: