PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS-2 PADA MATERI MEWASPADAI ANCAMAN TERHADAP KEDUDUKAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI) DI SMA NEGERI 1 KEMBANG TANJONG

Lili Suryani

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di SMA Negeri 1 Kembang Tanjong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPS-2  SMA Negeri 1 Kembang Tanjong sebanyak 28 siswa, yang terdiri dari dari 8 siswa laki- laki dan 20 siswa perempuan tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Data-data yang telah diperoleh, dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan data kualitatif. Deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data hasil tes menggunakan persentase ketuntasan belajr. Sedangkan deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengingkatan hasil belajar siswa yaitu Kondisi awal siswa yang Tuntas 8 orang atau 28,57% meningkat pada siklus I 64,28% atau 18 siswa yang Tuntas dan meningkat pada siklus II 92,85% atau 26 siswa yang tuntas serta telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu kriteria baik. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar PPKn siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Kembang Tanjong. Dalam melaksanakan pembelajaran ini, guru sebaiknya menyiapkan ruang kelas atau tempat yang memadai dan siswa diharapkan memperhatikan saat guru menyampaikan aturan dalam berdiskusi penjelasan dan pengarahan.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v4i2.518

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: