PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI MIPA-2 SMA NEGERI 1 KEMBANG TANJONG PADA MATERI APLIKASI INTEGRAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW)

Mutia Mutia

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan matematis dengan model pembelajaran Think Talk Write pada siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kembang Tanjong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA-2 SMA Negeri Kembang Tanjong Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan teknik observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dari pra siklus, siklus I ke siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang tuntas ada 11 siswa atau 31,42% dengan nilai rata-rata kelas 50,37.  Pada siklus I siswa yang tuntas ada 16 siswa atau 45,71% dengan nilai rata-rata 68,14. Pada siklus II terjadi peningkatan peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan minimal sebesar 94,28% atau sebanyak 33 siswa dengan nilai rata-rata 82,28. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa Kelas XI MIPA-2 SMA Negeri Kembang Tanjong Tahun Pelajaran 2020/2021 materi aplikasi integral. Dalam melaksanakan pembelajaran ini, sebaiknya guru merencanakannya dengan tujuan yang jelas, mempersiapkan hal-hal yang akan digunakan dengan maksimal, membantu siswa dalam melaksanakan model TTW dan meminimalkan resiko buruk yang akan terjadi.

 

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Talk Write, Kemampuan Komunikasi Matematis.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v4i2.517

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: