PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 2 BANDAR BARU

Mustafa Mustafa

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Bandar Baru Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK)  yang  dilakukan dalam dua tahapan siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan Siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Bandar Baru yang berjumlah 16 siswa. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila diatas 75%  siswa  dapat  mencapai  nilai  Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu 73. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran numbered head together dengan media mind mapping di Kelas X IPS 2 terjadi peningkatan ketuntasan, hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebanyak 11 siswa (68,75%) menjadi 14 siswa (87,50%) yang mencapai nilai KKM pada siklus II.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v4i2.515

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: