PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 2 BANDAR BARU

Teuku Razali

Abstrak


Berdasarkan hasil observasi peneliti tentang kegiatan pembelajaran kimia di SMAN 2 Bandar Baru menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengajar siswa banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi kimia. Dalam pembelajaran masih didominasi dengan metode ceramah, diskusi, dan pemberian tugas dan belum menerapkan model pembelajaran quantum learning. Hal tersebut kurang menarik minat belajar siswa sehingga berdampak terhadap hasil belajar dan ketuntasan bidang studi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan respon siswa melalui model pembelajaran quantum learning. Subjek dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 2 Bandar Baru yang berjumlah 20 orang siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Data penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi, tes dan angket. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase aktivitas siswa pada siklus I 63,75% dan siklus II 87,5% mengalami peningkatan. (2) Hasil tes menunjukkan peningkatan dari siklus I 70% dan pada siklus II 80%. (3) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran quantum learning mencapai 97,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum learning pada materi hidrokarbon di SMAN 2 Bandar Baru dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v4i2.514

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: