MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI.IPS 1 MELALUIMETODE PERMAINAN MENCARI PASANGAN PADA MATERI PERSEBARAN FAUNA DI SMA NEGERI 1 IDI RAYEUK

Henni Mahera Siregar

Abstrak


Pencapaian standar proses untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dapat dimulai dengan menganalisis setiap komponen yang dapat membentuk dan mempengaruhi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatan hasil belajar geografi peserta didik kelas XIIS.1 SMA Negeri 1 Idi melalui penggunaan metode permainan mencari pasangan pada materi persebaran fauna. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Negeri 1 Idi. Subyek pada penelitian ini adalah Peserta didik kelas XI IS.1 yang berumlah 31 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik, sebagai subjek penelitian. Data yang dikumpulkan dari peserta didik meliputi data hasil tes tertulis. Indikator keberhasilan penelitian adalah Peserta didik mencapai tuntas belajar kognitif apabila Peserta didik mampu menyelesaikan, menguasai kompetensi atau tujuan pembelajaran minimal 76 dari seluruh tujuan pembelajaran. Sedangkan keberhasilan kelas diperoleh dari jumlahPeserta didik yang mampu menyelesaikan atau mencapai minimal nilai 76 sekurang-kurangnya 75% dari jumlah Peserta didik yang mengikuti tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Penggunaan metode permainan mencari pasangan mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam belajar, peranan guru yang selamainidominan di dalamkelasdapatdikurangi. Guru menjadifasilitator, motivator, mediator dalammempersiapkan dan melaksanakanpembelajaran. Hal iniditunjukkandarihasilpenelitianbahwaaktivitaspesertadidik yang terlibataktifdalamkegiatanpembelajaransebelum dan setelahmenggunakan media gambarmeningkatdarisiklus I (59,7%) dan pada siklus II (83,3%). 2. Pada saatpembelajarangeografimenggunakanmetodepermainanmencaripasanganpesertadidikmenjadilebihsemangatdalampembelajaran dan pembelajaranmenjadikegiatan yang menyenangkansehinggaberdampak pada meningkatnyahasilbelajarpesertadidik. Hal iniditandaidenganpeningkatan rata-rata hasilbelajarpesertadidik pada kondisiawaladalah 58,6 menjadi 60,1 pada siklus I dan 79,4 pada siklus II. 3. Peningkatanhasilbelajargeografi juga dapatdilihatdarijumlahpesertadidik yang tuntas pada kondisiawalsebeanyak 7 pesertadidik (22,6%) menjadi 15 orang (48,4%) pada siklus I hasilinibelummencapaiindikatorketercapaianyangditentukanpenelitisehinggadilanjutkan pada siklus II. Pada akhirsiklus II menjadi 25 (80,64%). Dapatdisimpulkanbahwapenggunaanmetodepermainanmencaripasangan pada materipersebaran fauna dapatmeningkatanhasilbelajargeografipesertadidikkelasXIIS.1SMANegeri1Idi.

 

Kata kunci: geografi, metodepermainanmencaripasangan, persebaran fauna


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto,S.(2002).Dasar-DasarEvaluasiPendidikan(Edisi Revisi).Jakarta: BumiAksara.

Davies(1991).PengelolaanBelajar.Jakarta:RajawaliPers.

Sanjaya(2007).StrategiPembelajaranBerorientasiStandarProsesPendidikan. Jakarta:Kencana.

Depdiknas. (2007).DepartemenPendidikan Nasional. MateriPelatihanTerintegrasi.DirektoratJenderalPendidikanDasardanMenengahDirektorat Pendidikan LanjutanPertama.Jakarta.

DePorter Et.al(2000).Quantum Teaching.Bandung:Kaifa.

Sutikno. (2005). PengembanganKurikulumPendidikan GeografidiIndonesia.Medan:MakalahProgramHibah KompetensiA-2FISUNIMED.

Slameto. (2003). Belajardan Faktor-faktoryangMempengaruhinya.Jakarta: RinekaCipta.

Sutama. IW (2011). Penerapan model permainanmencaripasangandalammeningkatkanpemahamankonsep IPS di kelas V SDN Tumpang 04 oleh Dwi Cahyono. Skripsi. Program Studi S1 PJJ PGSD. Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v4i2.513

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: