PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada SMA Negeri 6 Banda Aceh. Adapun jenis penelitian yang digunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 41 siswa, dan yang menjadi sampel seluruh populasi yaitu yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan pengujian uji-t pada taraf signifikan 0,05.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kedisiplinan belajar yang signifikan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh persamaan regresi linear sederhana Y= 46,721 + 0,344 Kedisiplinan Belajar. Dari hasil statistik menunjukkan bahwa secara parsial kedisiplinan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar yang mana dapat diperoleh hasil uji t yaitu thitung = 7,104 > ttabel 2,023.
Kata Kunci : Kedisiplinan, Prestasi Belajar Siswa
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abu Narbuko dan Achmadi. 2010. Metodologi Penelitian: Bumi Aksara
Achmadi dan Suprioyo Widodo. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka
Cipta
Ahmadi. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu.Jakarta : Prestasi Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V.Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 2010, Cet. 14. Jakarta: Rineka Cipta.
Bekti Ari. 2006. Hubungan Antara Gaya Belajar dan Disiplin Belajar
dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Getasan. Skipsi.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Kristen Satya Wacana
Salatiga.
Bugin, Burhan. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana
Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Herlin, Febriana. 2005. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar
Siswa Pada Saat Layanan Pembelajaran di Kelas II SMU Negeri 1 Limbangan Kabupaten Kedal. Semarang. Universitas Negeri Semarang. Skripsi
Imam, Alimaun. 2015. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Daerah Binaan R.A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Semarang : universitas Negeri Semarang. Skripsi
Intan, Qurratul, Ain. 2007. Pengaruh kedisiplinan Belajar dan Interaksi Edukatif Terhadap Motivasi dan Prestasi belajar Siswa. Jakarta : Universitas Indonesia, Skripsi
Nasution. 2004. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Munib, Achmad, dkk. 2011. Pengantar Ilmu Pendidikan Semarang: Unnes Press
Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT raya Grafindo Persada
Margono, S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Parker, Deborah. 2006. Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri anak. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Prayoga, Agung. 2009. Pengaruh Disiplin Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Skripsi
Prihatin. 2011. Manajemen Peserta Didik. Bandung: ALFABETA
Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta
Sadirman. 2003. Interaksi dan Motivasi Dalam Belajar Mengajar. Jakarta : Raja
Grafindo Persada.
Syafruddin. 2005. Hubungan Antara Disiplin Belajar dan Perhatian Orang Tua
dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia SMA PGRI Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Edukasi. No 2 hal 79-85 FIP. Universitas Negeri Makasar.
Slameto. 2010.Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Alfabeta. Bandung
Siti, Ma'sumah. 2015. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Pertanahan Kabupaten Kebumen. Semarang. Universitas Negeri Semarang. Skipsi
Tu'u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidika Nasional. Jakarta: CV Eka Jaya
Undang-undangRepublik Indonesia Tahun 1945 pasal 31 Ayat 1
Universitas Syiah Kuala. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Banda Aceh : Unsyiah
Widi, Restu Kartiko. 2010. Asas Metodologi Penelitian Sebuah Pengenalan dan
Penuntun Langkah Demi Langkah Pelaksanaan Penelitian. Yogyakarta : Graha Ilmu
Zulfadli. 2013. Analisis Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMA Melalui Hasil Ujian Akhir Nasional Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Kota Subulussalam Provinsi Aceh. Pelita Pendidikan, Juli 2013 (3): 87-92
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v3i2.317
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: