ANALISIS FUNGSI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN GAMPONG (DPMG) DALAM PENINGKATAN KINERJA APARATUR PEMERINTAHAN GAMPONG

Zukri Zukri, Mustakim Sagita

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui peran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong dalam upaya peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintah Gampong/ Desa. (2). Untuk mengetahui  dan  menganalisis  faktor  penghambat  yang  di  hadapi  dalam  peningkatan  kinerja Aparatur Pemerintah Gampong.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data penyusun menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah pegawai dilingkungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Pidie. Dalam upaya peningkatan kinerja aparatur pemerintah Gampong DPMG membuat dan melaksanakan beberapa program diantaranya pemberian informasi yakni dengan Pelatihan Gratis dan sebagainya yang berkaitan dengan informasi Pemerintah Gampong, diadakanya pelatihan – pelatihan diantaranya pelatihan Keuchik (Kepala Desa), administrasi Gampong, perangkat Gampong, tata naskah, pembuatan perdes dan lain – lain, setelah berakhirnya pelatihan dilakukan pengawasan dan evaluasi guna melihat sejauh mana perkembangan dan kekurangan, sebagai mediator DPMG juga sebagai wadah pelaksanaan upaya peningkatan kinerja Aparatur Pemerintah Gampong tersebut, serta melengkapi fasilitas pendukung dalam upaya peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintah Gampong selain dalam melakukan atau mengadakan pelatihan untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal harus dibantu dengan fasilitas – fasilitas pendukung yakni diantaranya perlengkapan sarana kerja, tunjangan – tunjangan dan sebagainya yang bertujuan memotivasi pemerintah Gampong dalam bekerja.

Kata Kunci: Analisis Fungsi, Peningkatan, Kinerja, Aparatur


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Indonesia, Presiden Republik. 2014. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Jalil, Husni, et al. 2010. “Implementasi Otonomi Khusus Di Provinsi Aceh Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006.” Jurnal Kanun (51).

Pidie, Kabupaten. 2018. Peraturan Bupati Pidie Nomor 1 Tahun 2018.

Putra, Zainal and Cut Devi Maulidasari. 2019. “Analisis Kinerja Pemerintah Gampong Pasca Lahirnya Kebijakan Dana Desa : Pendekatan Dengan Data Envelopment Analysis ( DEA ).” Jurnal Manajemen Dan Keuangan 8(2):151–62.

Seymour, Richard and Sarah Turner. 2002. “Otonomi Daerah : Indonesia ’ S Decentralisation Experiment.” New Zealand Journal of Asian Studies 4(2):33–51.

Airasian, P., Gay, L. R., & Mills, G. E. 2003. Educational research: Competencies for analysis and applications. Upper Saddle. River. NJ Merrill.

Kementerianristek/BRIN 2020, “Buku Pedoman Penelitian dan Pegabdian Masyarakat Edisi Revisi 2019”, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v3i2.295

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: