PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS X TBSM 1 SMK NEGERI 1 NAGAN RAYA

Agus Suryansyah

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di Kelas X TBSM 1 SMK Negeri 1 Nagan Raya semester II tahun pelajaran 2018/2019 pada materi memahami proses mesin konversi energi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Pada akhir siklus I, ketuntasan belajar siswa dari sejumlah 22 siswa terdapat 16 siswa  (72.73 %) yang sudah mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan 6 siswa (27.27 %) belum mencapai ketuntasan, sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak 100.00 % (22 siswa) tuntas dan tidak ada siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata kelas siklus I adalah 77.50 % dan rata-rata kelas siklus II adalah 87.50%, serta sikap siswa menunjukkan perubahan lebih aktif selama proses pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar dan memberikan pengaruh positif siswa dalam proses pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v3i2.292

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: