Transformasi Kebijakan Anggaran Pendidikan di Provinsi Aceh

ella oktavinata syahputri, Naila Ariqah Putri, Muhammad Daffa Wardana, Teuku Zulkarnain

Abstrak


Artikel ini membahas transformasi kebijakan anggaran pendidikan di Provinsi Aceh, yang menjadi bagian penting dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Penelitian ini berfokus pada analisis alokasi anggaran pendidikan sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 yang mengharuskan pemerintah mengalokasikan minimal 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang bertujuan untuk memberikan gambaran jelas mengenai kondisi pendidikan di Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat upaya dalam pengalokasian dana pendidikan, masih terdapat tantangan dalam implementasi kebijakan akibat keterbatasan sumber daya dan kepentingan politik. Artikel ini juga menyoroti pentingnya peningkatan kualitas pendidikan melalui reformasi sistem pendidikan yang lebih komprehensif dan fleksibel. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar perencanaan untuk menuju Gerakan Pendidikan Untuk Semua (PUS) di Provinsi Aceh.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, S., Saputra, M., Fazella, D., Hasnawati, H., & Afridzal, A. (2019). Determinan Kinerja Anggaran Belanja Pendidikan Pada Kabupaten/Kota Di Aceh. Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 19(2), 149–166. https://doi.org/10.25105/mraai.v19i2.3253

Aliva, D., & Ilhamsyah, F. (2021). Efektivitas Alokasi Anggaran Pendidikan Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Dikabupaten Aceh Barat. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 1(8), 476–481. https://doi.org/10.59141/comserva.v1i8.61

Fahlevi, H. (2018). Revenue Budget Variance and Capital Expenditure Realization Emperical Evidence from Indonesian Local Goverments. Jurnal Dinamika Akuntansi, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.15294/jda.v9i1.12008

Fatmayanti, A. (2017). TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI SUKU CADANG SEPEDA MOTOR DI KOTA BANDA ACEH (Vol. 11, Issue 1).

Heriawan, I. (2018). Kebijakan Pendidikan Provinsi (Slta Dan Smk)Dan Analisis Swot Di Kalimantan Timur. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 98–116.

Huda, S., Sugandi, Y., & Sumadinata, W. (2023). Inovasi Kebijakan Pendidikan di Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Ganaya?: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6, 519–528. https://doi.org/10.37329/ganaya.v6i2.2526

Irianto, Y. B. (2010). Strategi Manajemen Pendidikan Karakter (Membangun Peradaban Berbasis Ahlaqul Kharimah). Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI, November 2010, 8–10.

Ismunandar, A., & Kurnia, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Pendidik Di Era Society 5.0. JRPP: Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 388–397. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/18234

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Junita, A. (2017). Minimal Budget Allocation and Restricted Deficit Regulation: Local Governments’ Compliance Assessment. 1–6.

Khairunisa, R. S., & Nurhadi. (2023). Analisis pembiayaan Lembaga Pendidikan Islam. El Madrasa: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 17–46.

Margareta, R. T. E., & Ismanto, B. (2017). Strategi Perencanaan Pembiayaan Sekolah dalam Peningkatan Mutu di SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 195. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p195-204

Pendidikan, P. A., Dan, K. P., Kasus, S., Di, S. M. A., Aceh, P., & Konadi, W. (2020). Vol. 1, No.2 • September 2020 •. 1(2), 44–61.

Saepul Hidayat, A., Badriah, L., Maryati, R., & Studi Administrasi Pendidikan, P. (2024). Efektivitas Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(1), 222–234. https://jurnal.umbulukumba.ac.id/index.php/jpss/article/view/191

Studi, P., & Teknik, S. (2018). Universitas syiah kuala 2018. 7551843.

Tarmizi. (2015). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Melalui Bantuan Operasional Sekolah Pada Min Cempala Kuneng Kabupaten Pidie. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 10(4), 92–101.

Tay, D. S. R., & Rusmiwari, S. (2019). Implementasi Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(4), 218. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/1950/1443

Zulfikar, Z., Rozaili, R., & Hansyar, R. M. (2022). Kebijakan dan Implementasi Administrasi Kependudukan di Indonesia.

Rozailli, R., & Zulfikar, Z. (2022). STRATEGI PENGELOLAAN APBG DALAM MENCEGAH WABAH COVID-19 DI GAMPONG KRUENG DHOUE KECAMATAN PIDIE KABUPATEN PIDIE. Jurnal Sains Riset, 12(2), 270-277.

Suriadi, M., Rozaili, R., & Zulfikar, Z. (2020). One Integrated Service Quality Doors at Meureudu State Court. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(4), 3454-3465.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v7i2.2810

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: