PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 JANGKA BUYA

Zuraida, Zufahmi, Yuliana

Abstrak


Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep Sistem Ekskresi Manusia di Kelas XI SMA Negeri 1 Jangka Buya. Penelitian ini termasuk penelitian eksprimen. Populasi Penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jangka Buya dan Sampel diambil 2 kelas secara random yaitu XI1 sebagai kelas eksprimen dengan jumlah 24 siswa dan kelas XI3  sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 24.  Pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dengan Analisispeningkatanhasilbelajar Gain yang dinormalisasi (N-gain) dan pengujian hipotesis  uji independent sample t-test(Uji-t). Peningkatan hasil belajar menunjukkan Skor N-Gain berkategori sedang sebesar 0,60 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol Skor N-Gain berkategori rendah dengan skor rerata 0,32.Hipotesis penelitian menggunakan uji-t diperoleh nilai t = 5,91 jadi t hitung > ttabel yaitu 5,91 > 1,68 dengan demikian Ha diterima dengan taraf signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima kebenarannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaranproblem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem ekskresi pada manusia di SMA Negeri 1 Jangka Buya.

Kata Kunci: Penerapan, Problem Based Learning, Sistem Ekskresi Manusia, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A’la M. 2010. Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva Press

Anni Catharina dan Rifa’i Ahmad. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Campbell, dkk., 2003. Biologi. terj. Wasmen Menalu. Jakarta: Erlangga.

Depdikbud. 2005. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Febriani, Selfy. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X MIA SMA N 6 Bandar Lampung. Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, Vol. 8, No.1, Hal. 40-52.

Ferdinand P, Fictor dan Ariebowo, Moekti. 2009. Praktis Belajar Biologi 2 untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Harnitayasri. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 2 Polewali. Jurnal Bionature. Vol. 16, No. 2, Hal. 103-109.

Irnaningtyas. 2013. Biologi Untuk SMA/MA Kelas XI.Jakarta: Erlangga.

Kamdi. 2007. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Grafindo.

Kimball, John W., 2006. Biologi. terj. Siti Soertami dan Nawangsari Sugir. Jakarta: Erlangga.

Kurniasih, I. dan Berlin, S. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Magdalena, Rita. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5 Kelas XI Kota Samarinda Tahun Ajaran 2015. Jurnal. Vol. 13, No. 1, Hal. 299-306.

Muhibbin Syah. 2007. Psikologi Belajar. Jakarata: Raja Grafindo.

Nadiya, Isti. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Sistem Saraf. Jurnal Pendidikan Biologi.

Nasution, M. Yusuf. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning dengan Problem Based Learning pada Materi Pencemaran dan Pelestarian Lingkungan Hidup. Jurnal Pelita Pendidikan.Vol. 4, No. 2. Hal. 122-127.

Noviar, Dian. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMA N 2 Banguntapan T.A. 2014 / 2015. Jurnal. Vol. 8, No. 2,Hal. 42-47.

Nurhidayat, A. 2011. Pengaruh Penerapan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Group InvestigationTerhadap Aktivitas dan Penguasaan Konsep Pada PokokBahasan Archaebacteria dan Eubancteria Siswa Kelas XSMAN 2 Bantul.Skripsi tidak diterbitkan UIN SUKA.

Omar Faiz dan David Moffat. 2003. Anatomy at a Glance. terj. Annisa Rahmalia. Jakarta: Erlangga.

Pratiwi, dkk., 2006. Biologi SMA. Jakarta: Erlangga.

Permendikbud. 2014. Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Purnamaningrum, Arifah. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 4, No. 3, Hal. 39-51.

Purnomo, dkk., 2009. Biologi: Kelas XI untuk SMA dan MA. Jakarta: Pusat Perbukuan

Rahayu. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Elastisitas Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol.04, No.02. Universitas Syiah Kuala.

Sajidan. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Proses Berpikir Kognitif Siswa Kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Inkuiri. Vol 5, No. 2, Hal. 1-7.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Sandar Poses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Saragih, Lusndico. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran (Problem Based Learning dan Konvensional) Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 6, No. 2. Universitas Negeri Medan.

Setiadi. 2007. Anatomi dan Fsiologi Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zuraida. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model Learning Cycle 5E Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Negeri 2 Kembang Tanjong. Jurnal Sains Riset. ISSN: 2088-0952


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by:




Creative Commons License

Jurnal Sosial Humaniora Sigli is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.