HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN LARI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN HASIL LOMPAT JAUH PADA SISWA PUTRA KELAS ATAS SD NEGERI 3 SIGLI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

M. Yahya, Muhammad

Abstrak


Penelitian ini dilakukan berawal dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa putra kelas atas SD Negeri 3 Sigli pada saat pembelajaran lompat jauh. Kesalahan-kesalahan tersebut meliputi: (1) awalan, pada saat melakukan awalan tidak dilakukan dengan kecepatan yang cukup tinggi, dan tidak dapat mengontrol posisi tubuh, sehingga mengalami kesulitan dalam melakukan tumpuan, (2) tolakan, pada saat melakukan tolakan tidak dilakukan dengan kaki yang terkuat dan kerap kali tidak tepat pada balok tumpuan, (3) melayang, pada saat melayang siswa tidak dapat mempertahankan posisi tubuh selama mungkin, (4) mendarat, pada saat mendarat siswa jatuh ke belakang. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecepatan lari dengan hasil lompat jauh pada siswa putra kelas atas SD Negeri 3 Sigli; (2) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kekuatan otot tungkai dengan  hasil  lompat  jauh pada siswa putra kelas atas SD Negeri  3  Sigli;  (3)  untuk  mengetahui  ada  tidaknya  hubungan  antara kecepatan lari dan kekuatan otot tungkai dengan hasil lompat jauh pada siswa putra kelas atas SD Negeri 3 Sigli tahun pelajaran 2018/2019.

Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode survei yang pengambilan datanya dilakukan dengan tes pengukuran. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa putra kelas atas SD Negeri 3 Sigli tahun pelajaran 2018/2019. Populasi pada penelitian ini berjumlah 40 orang siswa putra. Data pada penelitian ini diambil dengan tes yang terdiri dari: tes lari 40 m untuk mengukur kecepatan; tes lompat jauh tanpa awalan untuk mengukur kekuatan otot tungkai; dan tes lompat jauh untuk mengukur hasil lompat jauh. Analisis untuk menguji hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment dan analisis regresi berganda; dengan tingkat kepercayaan 5%. 

Kata Kunci:    kecepatan lari, kekuatan otot tungkai, hasil lompat jauh

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adang Suherman. (2003) Dasar-Dasar Penjaskes. Deparemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Adang Suherman dan Agus Mahendra. (2001). Menuju Perkembangan Menyeluruh. Jakarta: Ditjen Olahraga.

Ballesteros. (1993). Pedoman Latihan Dasar Atletik. (Terjemahan). Jakarta: PB. PASI.

Depdiknas. (2003). Tes Kesegaran Jasmani Indonesia Untuk Anak Umur 10-12 Tahun. Jakarta: Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Djoko Pekik Irianto. (2004). Panduan Latihan Kebugaran yang Efektif dan Aman. Yogyakarta: Lukman offset.

Eddy Purnomo dan Dapan. (2011). Dasar-Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Alfamedia.

Eka Putut Haryanto. (2010). Hubungan antara Kecepatan Lari dan Lompat Jauh tanpa Awalan dengan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Harsuki dan Soewatini Elias. (2003). Perkembangan Olah Raga Terkini Kajian Para Pakar. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Ruchayah. (2010). Hubungan antara Lari Cepat 60 Meter dengan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Putra Kelas IV-V SD Negeri 2 Kalierang Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Rusli Lutan. (2001). Menuju Sehat Bugar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah dan Olahraga Jakarta: Depdiknas.

Sadoso Sumosardjuno. (1997). Pengetahuan praktis kesehatan dalam olahraga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Soegito dkk. (1993). Materi Pokok Pendidikan Atletik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sajoto. (1990). Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Bandung: Dahara Prize.

Siti Rahayu Haditono. (2006). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sri Haryono. (2008). Buku Pedoman Praktek Laboratorium Mata Kuliah Tes dan Pengukuran

________. (2002). Metodologi Research Jilid III. Yogyakarta: Andi Offset.

________. (2004). Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta : Andi Offset.

Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih. (2005). Petunjuk Penggunaan Program SPS (Seri Program Statistik). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by:




Creative Commons License

Jurnal Sosial Humaniora Sigli is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.