PEMAHAMAN KEBENARAN ILMIAH: DEFINISI, TEORI, DAN KARAKTERISTIKNYA

Tifani Efendi, Siti Fatimah, Azmi Fitrisia

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendalami konsep pemahaman kebenaran ilmiah dengan memfokuskan pada definisi, teori yang mendasarinya, dan karakteristik-karakteristik yang menentukan kebenaran dalam lingkup ilmiah. Metode penelitian yang diterapkan meliputi tinjauan literatur yang komprehensif serta analisis konseptual untuk merinci pemahaman yang lebih dalam mengenai proses pembangunan, verifikasi, dan pemeliharaan pengetahuan ilmiah di dalam komunitas penelitian. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para peneliti dan akademisi mengenai hakikat kebenaran ilmiah serta implikasinya dalam pengembangan pengetahuan dan metode pembelajaran ilmiah. Melalui penelitian ini, diharapkan terbuka ruang untuk pemahaman yang lebih luas tentang bagaimana ilmu pengetahuan berkembang dan bagaimana masyarakat dapat memahami dan menggunakan pengetahuan tersebut secara lebih efektif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adha, I., Jamaris, & Solfema. (2022). Kebenaran Ilmiah dalam Bimbingan Konseling. Jurnal Nusantara Of Research, 9(1a), 73–85.

Akromullah, H. (2018). Kebenaran Ilmiah dalam Perspektif Filsafat Ilmu (Suatu Pendekatan Historis dalam Memahami Kebenaran Ilmiah dan Aktualisasinya Dalam Bidang Praksis). Majalah Ilmu Pengetahuan Dan Pemikiran Keagamaan Tajdid, 21(1), 48–69.

Al-Walid, K. (2020). Husuli dan Huduri Dalam Konteks Filsafat Hikmat Muta’aliyyah. Jurnal Yaqzhan Analisis Filsafat, Agama Dan Kemanusiaan, 6(2).

Amarullah, R. Q. (2023). Kebenaran Ilmiah (Arti, Teori dan Sifat Kebenaran Ilmiah). Edusifa: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 26–35. https://doi.org/10.56146/edusifa.v9i1.105

Atabik, A. (2014). Teori Kebenaran Perspektif Filsafat Ilmu: Sebuah Kerangka Untuk Memahami Konstruksi Pengetahuan Agama. Fikrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 253–271.

Audrian, D. (2022). Teori Kebenaran: Koherensi, Korespondensi, Pragmatisme Dan Huduri. SEROJA: Jurnal Pendidikan, 1(2).

Fuad, S., K. W., & Hadi, P. H. (2015). Kebenaran Ilmiah dalam Pemikiran Thomas S. Kuhn Dan Karl R. Popper: Suatu Kajian Hermeneutika dan Kontribusinya Bagi Masa Depan Ilmu. Jurnal Filsafat, 25(2), 252–276.

Gunawan, I. (2017). Metode Penelitian Kualitatif; Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Harweli, D., & Ahida, R. (2024). Hakikat Kebenaran; Perspektif Pengetahuan, Ilmu, Agama dan Filsafat. Journal on Education, 6(2), 12049–12057.

Hayati, I. N. (2021). Kebenaran Ilmiah dalam Hukum. HAKAM; Jurnal Kajian Hukum Islam, 5(2), 70–80.

Mahmudi, W. L., & Luthfi, F. (2020). Kebenaran Ilmiah (Perspektif Ilmu Ekonomi Islam). ORBITH, 16(2), 139–146.

Nuryamin. (2017). Kedudukan Manusia di Dunia (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam). Jurnal Al-Ta’dib, 10(1), 127–144. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v10i1.556

Padli, M., & Mustofa, M. (2021). Kebenaran dalam Perspektif Filsafat serta Aktualisasinya dalam Men-Screening Berita. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(1), 78–88.

Ritonga, A. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Akidah di Dalam Kitab Qawa’id Al’aqaid Fi Al-Tauhid Karya Imam Al-Ghazali. JURNAL AKADEMIKA: Kajian Ilmu-Ilmu Sosial, Humaniora Dan Agama, 3(2), 136–176.

Rokhmah, D. (2021). Ilmu dalam Tinjauan Filsafat: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 172-186.

Waston. (2019). Filsafat Ilmu dan Logika. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v7i1.2382

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: