PENERAPAN GOOLITAL-JECT BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHANKELAS VIII-A SMP NEGERI UNGGUL SIGLI

Yanti, Julia

Abstrak


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Goolital-Ject berbasis STEAM dalam meningkatkan critical thinking siswa pada materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan siswa kelas VIII-A SMP Negeri Unggul Sigli. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research, yang meliputi 2 siklus, setiap siklus nya melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, penugasan, dan wawancara, sementara alat pengumpulan data diperoleh dari butir soal tes dan rubrik penilaian, yang kemudian akan dianalisis secara kuatitatif dan deskriptif. Berdasarkan proses penelitian dalam setiap siklus, terjadi peningkatan keterampilan critical thinking siswa antar siklus, indikator nya meliputi Focusdari 63.0 % meningkat menjadi 70.4 %, Reasondari 48.1 % meningkat menjadi 55.6 %, Inference dari 40.7 % meningkat menjadi 51.9 % , Situationdari 59.3 % meningkat menjadi 66.7 %, Clarity dari 59.3 % meningkat menjadi 63.0 %, and Overviewdari 55.6 % meningkat menjadi 59.3 %. Pemahaman siswa pun mengalami peningkatan yang ditandai bertambah nya siswa yang tuntas antar siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Goolital-Ject berbasis STEAM dapat meningkatkan critical thinking siswa pada materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan kelas VIII-A SMP Negeri Unggul Sigli.

Kata Kunci : Goolital-Ject, pendekatan STEAM, critical thinking

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cahyono, Budi. Analisis Keterampilan Berpikir Krtis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender.Aksioma, 8:1, (Juli, 2017), 52.

Nurhikmayati, Iik. 2019. Implementasi Steam Dalam Pembelajaran Matematika.Jurnal Didactial Mathematics. Vol 1. No. 2, hal. 41-50

https://scholar.google.co.id/scholar?q=jurnal+atau+artikel+tentang+steam&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart

Sagita, M., & Khairunnisa, K. (2020). E-Learning for Educators in Digital Era 4.0. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1297-1302.

Wasitohadi. Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan: Tantangan Guru Pada Abad 21. Alumni S3 Ilmu Pendidikan UNY, Dosen FKIP UKSW Salatiga.https://www.coursehero.com/file/43284407/MODUL-PEMBELAJARAN-ABAD-21pdf/

Widyantini, Therasia. 2014. Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan (PPPPTK). Artikel. Depdiknas.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by:




Creative Commons License

Jurnal Sosial Humaniora Sigli is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.