PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENGINSTALASI SISTEM OPERASI JARINGAN MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI-TKJ SMK NEGERI 1 SIGLI

Nuraidah, Nuraidah

Abstrak


Rendahnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat sehingga dapat berpengaruh terhadap motivasi dan kemampuan  siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan menginstalasi sistem operasi jaringan melalui metode discovery learning pada siswa kelas XI-TKJ SMK Negeri 1 Sigli. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur pelaksanaannya melalui tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Sigli  yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada kondisi awal 46,4%. Pada siklus I, ketuntasan siswa  meningkat 14,3% dari sebelumnya yang mencapai 60,7% sehingga ketuntasan belajar secara klasikal dikatakan tidak tuntas. Pada siklus ke II terjadi peningkatan  yang signifikan yaitu meningkat 35,7% sehingga menjadi 96.4%. Maka disimpulkan bahwa penggunaan metode discovery learning dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan menginstalasi sistem operasi jaringan pada siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Sigli.

Kata Kunci: Motivasi, Kemampuan, Menginstalasi, dan Metode Discovery Learning.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: DIVA press

Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Eggen. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran, Jakarta : PT.Indeks

Hardjodipuro. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Ghalia Indonesia

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Rosda Karya.

Listika Burais, dkk. 2016. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. Dalam Jurnal Didaktik Matematika ISSN: 2355-4185 77,Vol. 3, No.1, Tahun 2016, pp 80

Robbin (2007). Prilaku Organisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rusman .2015. Pembelajaran Tematik Terpadu, Jakarata: PT Raja Grafindo Persada

Sagita, M., & Khairunnisa, K. (2020). E-Learning for Educators in Digital Era 4.0. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1297-1302.

Takdir, MI. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill. Jogjakarta: DIVA Press

Yusdi, Milman. 2010. Pengertian Kemampuan. blogspot.com/ pengertian kemampuan. html. (Diakses: 28 Oktober 2019 pukul 10:15 wib)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by:




Creative Commons License

Jurnal Sosial Humaniora Sigli is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.